UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Prodi HPI Pun Raih Akreditasi A BAN-PT

Alhamdulillah, Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UINS SGD Bandung berhasil mendapatkan nilai akreditasi A (unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Kita bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas perolehan akreditasi A. Ini berkat kerja keras, usaha, soliditas dari sivitas akademika, sehingga HPI bisa meraih nilai unggul dari BAN-PT,” ujar Dekan FSH Dr H Ah Fathonih, M.Ag, Rabu (24/04/2019).

Dekan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan universitas, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, pimpinan organisasi kemahasiswaan, tim akreditasi Prodi HPI, pihak keamanan dan kebersihan serta semua pihak yang telah mendukung suksesnya akreditasi sehingga berhasil mendapatkan nilai A.

“Khususnya kami berterima kasih, sekaligus meminta maaf  kepada asesor BAN PT Bapak Dr Ahmad Yani Anshori, M.Ag dan Bapak Dr M Nurul Irfan, M.Ag, atas pelayanan kami yang kurang memuaskan. Semoga segala daya upaya kita dijadikan amal shalih yang insya-Allah akan mendapatkan pahala dri Allah SWT, amin,” kata Dekan.

Dalam sambutannya, Asesor Dr Ahmad Yani menjelaskan, apapun hasil akreditasi –baik sangat memuaskan  ataupun unggul– merupakan hasil karya bersama. “Tentu sasilnya harus dipertanggungjawabkan kepada publik,” tegas Yani, seraya menyarankan bahwa HPI harus dikelola secara baik agar benar-benar unggul dan kompetitif selaras dengan visi misi yang sudah ditetapkan.  

Menurut Yani, HPI itu rumah besarnya ilmu syariah, bukan ilmu hukum, sehingga dosen dan mahasiswa harus mengusai ilmu nahwu sharafnya, agar bisa membaca kitab kuning. “Masak anak-anak HPI tidak bisa baca kitab kuning, padahal itu kitab wajib yang menjadi rujukan utama HPI?” kata Yani.

Yani berharap hasil akreditasi dapat membawa berkah bagi keluarga besar Prodi HPI, FSH, dan UIN SGD Bandung. Dan, dapat terus meningkatkan kepercayaan publik baik nasional dan internasional. (Nanang Sungkawa)