UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

PPM Gelar Sosialisasi KKN Sisdamas 2019

Sebanyak 5.600 mahasiswa angkatan 2016 mengikuti Kegiatan Sosialisasi Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN Sisdamas) Tahun 2019 yang digelar Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menggelar di Anwar Musaddad, Jumat (05/04).

Menurut Kepala PPM, Dr. H. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag., M.Si., KKN Sisdamas merupakan proses pembelajaran yang memadukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di suatu daerah tertentu yang dilakukan oleh mahasiswa untuk ikut serta melakukan pemberdayaan masyarakat.

“Jadi KKN Sisdamas adalah kegiatan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat di suatu daerah tertentu yang dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan prinsip pembangunan partisipatif, demokratis dan berkelanjutan sesuai 17 tujuan pembangunan atau Sustainable Development Goals/SDGs,” tegasnya.

Untuk tahun akademik 2019 KKN Sisdamas dilakukan di Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kota Bandung di sekitar UIN Sunan Gunung Djati dan Malaysia dari tanggal 29 Juli-31 Agustus 2019.

KKN Sisdamas dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat itu harus meliputi: Pertama, Pembelajaran masyarakat. Kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan.

Kedua, Pendampingan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra.

Ketiga, Advokasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya, serta kapasitas/kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak-hak sebagai warganegara.

Mengenai pendaftaran KKN Sisdamas bagi mahasiswa angkatan 2016 ini “dilakukan secara online melalui laman pusatpengabdian.uinsgd.ac.id dari tanggal 08-15 April 2019 dengan ketentuan: pertama, Mencantumkan matakuliah KKN dalam KRS. Kedua, Telah memenuhi sks 75% atau berada pada semester VII. Ketiga, Melunasi SPP pada semester berjalan. Keempat, Melampirkan foto dan keterangan sehat,” paparnya.

Tujuan KKN Sisdamas: Pertama, Menerapkan atau memanfaatkan ipteks secara multidisipliner bagi kepentingan masyarakat; Kedua, Meningkatkan interaksi, pemahaman dan kepedulian mahasiswa dari berbagai prodi dalam memberdayakan masyarakat; Ketiga, Menerapkan beragam keterampilan memecahkan masalah berbasis kompetensi prodi, terpadu, dan interdisipliner yang menekankan pada pemberdayaan masyarakat.

Dengan adanya KKN Sisdamas Kepala PPM berharap: Pertama, Mendorong mahasiswa peserta KKN untuk berperan menjadi fasilitator, motivator, problem solvers dan konsultan yang profesional berlandaskan kesadaran pengabdian kepada masyarakat; Kedua, Terbentuk sikap rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat; Ketiga, Terbentuk beragam keterampilan yang dimiliki mahasiswa untuk melaksanakan program-program pemberdayaan dan pembangunan; Keempat, Pengembangan ipteks di UIN Sunan Gunung Djati akan memperoleh umpan balik berdasarkan hasil pemberdayaan masyarakat.

“Dengan demikian, kurikulum UIN SGD Bandung akan relevan dengan dinamika masyarakat,” pungkasnya. (Humas Al-Jamiah)