UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Perempuan Masih Jadi Objek Media

[www.uinsgd.ac.id] Perempuan masih saja dijadikan sebuah objek media, paslanga perempuan masih cenderung ditampilkan sebagai sosok yang cantik, putih, langsing, berambut indah dan panjang. Hal itu diungkapkan Pimpinan Perusahan Harian Pagi Tribun Jabar, Dr H Pitoyo yang juga selaku pembicara usai memberikan materi berjudul Peran dan Strategi Media Massa Terhadap Sosialisasi Nilai Peduli gender dan Anak Di Masyarakat kepada peserta “Workshop Gender Mainstreaming”.

Kegiatan tersebut digagas oleh Pusat Studi Gender dan Anak Lembaga Penelitian dan Pegandian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Kota Bandung di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Selasa (2/8)

Menurut Pitoyo, dalam konteks pemerintahan dan juga dalam masyarakat, media pun masih banyak yang dijadikan sebagai objek. Jarang media mengekspose perempuan dari segi kemampuan dan intelektualnya. “Padahal banyak perempuan yang bisa dijadikan subjek. Contoh di pemerintahan adalah Sri Mulyani. Ini sudah menjadi subjek di kabinet yang baru saja di reshule Jokowi. Padahal banyak peremouan di kabinet yang menarik media massa,” ujarnya.

Pitoyo menilai jika perempuan masih kurang aktif untuk melakukan persuasif kepada media. Sehingga, kata dia, perempuan akan dianggap sebaga sosok yang mampu tidak hanya secara fisiknya saja melainkan keahlian, bakat mau pun juga cara berfikirnya. (raw)

Sumber, Tribun Jabar Selasa, 2 Agustus 2016 19:29