UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Peran Strategis KKM dalam Peningkatan Kualitas SDM

Kuliah Kerjanyata Mahasiswa (KKM) merupakan salah satu perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam Pengabdian Kepada Masyarkat. Mengingat peran mahasiswa (jiwa muda, intelek, semangat, idealisme tinggi) untuk melakukan agent social of change  dalam pemberdayaan masyarakat.

Harapan untuk mahasiswa dalam melaksanakan KKM; Pertama, Mahasiswa mampu bersosialisasi dengan masyarakat, mampu mendekati tokoh masyarakat desa baik tokoh formal maupun non formal. Kedua, Mahasiswa mampu mengenali potensi unggulan wilayah perdesaan dan memahami program-program pemerintah yang ada di perdesaan. Ketiga, Mahasiswa melakukan peningkatan untuk kegiatan keterampilan masyarakat. Keempat, Mahasiswa bersama masyarakat dapat menjalin kemitraan dengan baik.

Adapun manfaat KKM bagi Perguruan Tinggi sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan penelitian akademis; Pemerintah, baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat dapat melakukan pembangunan di daerah;  dan Masyarakat untuk eningkatkan produktifitas pola pikir masyarakat terhadap pembangunan untuk memajukan daerahnya.

Dengan adanya KKM diharapkan bisa mencetak lulusan yang kompeten, yaitu lulusan tidak hanya sekadar mampu menguasai pengetahuan dan teknologi di bidangnya, melainkan juga kemampuan mengaplikasikan kompetensinya dan memiliki softskill yang memadai.

Untuk itu, bekal  lulusan  bukan hanya hardskills, tetapi juga softskills yang cukup kepada mahasiswa.Hardskills  antara lain terdiri dari ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang studi yang ditekuni (knowledge of field) dan pengetahuan tentang teknologi (knowledge of technology). Sedangkan softskills antara lain terdiri dari: Pertama, kemampuan berkomunikasi baik lisan, tulisan, maupun gambar (oral and written communication). Kedua, kemampuan bekerja secara mandiri atau di dalam tim (ability to work independently and in team setting). ketiga, kemampuan berlogika (logical skills), keempat, kemampuan menganalisis (analytical skills). kelima, kemampuan beradaptasi.

Selain, memiliki kemampuan hardskills dan softskills. Wawasan kemandirian pun harus dimiliki lulusan UIN SGD Bandung. Yakni merupakan aktivitas/perilaku seseorang dalam menangani masalah yang dihadapinya tanpa harus menggantungkan keterlibatan orang lain (berdiri sendiri) dan mampu mengatasinya.  []