UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pentingnya Peningkatan Kualitas Dosen

[www.uinsgd.ac.id] Adanya sartifikasi dosen tidak hanya bisa meningkatkan kesejahteraan, tapi kualitas dosen harus ditingkatkan. “Dengan adanya sosialisasi, peliatihan dan persamaan persepsi dalam pengisian BKD atau LKD Sertifikasi dosen perlu terus dipraktekkan. Jika masih ada yang tidak hadir karena alasan tertentu, maka wajib dilaksanakan pelatihan untuk menyamakan persepsi, sehingga bisa meningkatkan kualitas dosen. Untuk itu, kehadiran sertifikasi ini tidak saja bisa meningkatkan kesejahteraan dosen. Akan tetapi yang terpenting adalah peningkatan kualitas dosen,” ungkap Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum. Ketua Koordinator Kopertais II Wilayah Jabar dan Banten sekaligus Rektor UIN SGD Bandung dalam memberikan sambutan acara Sosialisasi dan Evaluasi BKD/LKD Sartifikasi Dosen PTAIS di Lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten yang diselenggarakan di Hotel Kanira, Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 10 Karees, Bandung, Jumat (22/2)

Mengingat tantangan Jawa Barat ini sangat berat, “Mulai dari disintegrasi umat, kemiskinan, kebodohan dan pemurtadan menjadi masalah yang berat terjadi di Jabar ini,” keluhnya.

Upaya untuk menjawab segala tantangan ini, “Kampus yang sudah melakukan MoU dengan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemeneg DPT) dalam menciptakan masyarakat yang adil dan beradab dimulai dengan berusaha membina desa percontohan dengan basis  imarotil masjid di daerah Garut dan Sukabumi. Konsep ini harus meniru apa yang dicontohkan oleh Rasul dengan menciptakan masyarakat Madani yang oleh orang-orang Barat menjadi  prototipe dalam menciptakan masyarakat yang adil, menjunjung tinggi perbedaan dan sangat toleran,” jelasnya.

“Untuk itu, kontribusi dan peran dari dosen dan PTAIS di Jabar dan Banten yang berada dibawah Kopertasi wilayah II ini  sangat diperlukan. Caranya dengan ikut terlibat dalam sosiasiasai kegiatan ini supaya terjadi persamaan persepsi dalam mengisian BKD/LKD,” harapannya.

Acara yang diikuti oleh 248 dosen PTAIS di Jabar dan Banten ini menghadirkan nara sumber; Djoko Kustono, Ketua Tim BKD Direktorat dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti dan Sekretaris sertifikasi dosen PTAI, Drs. H. Khairul Huda Basyir, Lc. M. Si. [Ibn Ghifarie]