UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pentingnya Menghafal Al-Quran

[www.uinsgd.ac.id] Sebagai bentuk perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian terhadap masyarakat, sekelompok mahasiswa UIN SGD Bandung yang tergabung pada Pengajian Pasamoan Sophia menggelar Musabaqoh Hifdzil Qur’an tingkat anak-anak dari umur 5-8 tahun di RW 12/Rt 03 Cipadung Bandung, Sabtu (26/4) malam.

Menurut Didi Supriadi, Ketua Pengajian Pasamoan Sophia menjelaskan acara ini digelar untuk menumbuhkan minat anak-anak terhadap Al-Quran meningat pengajian Al-Quran mulai ditinggalkan sebagian masyarakat dan untuk melihat kesuksesan tenaga pengajar dalam memberikan materi terhadap santrinya. “Pentingnya acara ini untuk mengenalkan dan menumbuhkan Al-Quran sejak anak-anak. Apalagi di lingkungan ini belum ada pengajian anak-anak dan pertama kali diadakan karena pengajian yang sudah ada itu di Rt 5,” tegasnya.

Mengenai materi yang dilombakan, staf Bagian Akademik UIN SGD Bandung ini menuturkan  “Ada 19 peserta yang mengikuti Musabaqoh Hifdzil Al-Quran ini dengan materi yang dilombakan zuj 30, terutama surat An-naba, Al-Maun, Al-Lahab dll,” paparnya.

Bapak Alip, salah seorang warga Rw 12/Rt 03 mengucapkan selamat dan bangga terhadap kegiatan ini. “Saya merasa bangga terhadap anak saya yang bisa menghafal Al-Quran. Meskipun tempat belajarnya di kosan. Untuk itu, saya mohon kepada pihak kampus dan warga sekitar untuk membuat mushola atau langgar karena di Rt 03 ini belum ada,” ucapnya sambil menetskan air mata.

Juara I diraih oleh Widia Nur’ Anisa, peserta no 2, Juara II oleh Aprilia Diningsih, peserta no 10 dan Juara III, oleh Saefulloh, peserta no 8. “Semua Juara mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah yang diberikan langsung oleh sesepuh Pengajian Pasamoan Sophia, Drs. Ahmad Gibson Al-Busthomi, M. Ag., dosen Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung,” ujar Didi.

Soal pengajar Didi menjelaskan “Ada 4 orang pengajar, termasuk saya. Dini Anggraeni, mahasiswi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Anita Sari, mahasiswi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Iklimah, mahasiswi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Mudah-mudaha dengan adannya kegiatan ini selain menumbuhkan minat Al-Quran terhadap anak-anak. Juga mempersipkan diri mahasiswa untuk belajar dan mencari ilmu di masyarakat,” pungkasnya.[]