UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pensiun itu Awal Pengabdian kepada Masyarakat

[www.uinsgd.ac.id] Pensiun bukan akhir tugas dari seorang dosen maupun pegawai negeri, melainkan menjadi awal kiprah pengabdiannya kepada masyarakat dengan sebenar-benarnya. Demikian menurut Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung Dr Ah Fathonih, M.Ag saat memberi sambutan “Paturay Tineung” Keluarga FSH  dengan tiga dosen dan seorang karyawan yang purnabakti, di Auditorim FSH, Kamis (02/02/2017).  

Ketiga dosen purnabakti tersebut adalah Drs KH Nazmudin, MH; Dr KH Abdul Hamid, M.Ag; Drs HM Syakur Chudlori, MH; dan  mantan Kasubag Umum, Saldiman, S.Ag. “Kami merasa kehilangan ketiga guru ini, sekaligus orang tua karena yang selalu corcern pada keilmuannya. Terutama sepak terjangnya yang selalu mengedepankan prilaku baik dan keikhlasan dalam menjalankan tugas mengajar. Mereka pun selalu menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik. Selain punya sifat wara’,  mereka tak pernah cacat dan tidak punya cela sedikit pun,” ujar Dr Fathonih.

Sebenarnya, lanjut Dekan, FSH masih membutuhkan para guru ini untuk mencurahkan ilmunya kepada para mahasiswa. “Jadi, ketiganya tetap diminta untuk mengajar di FSH, dengan posisinya sebagai dosen luar biasa,” jelas Dr Fathonih, seraya mengucapkan berterima kasih kepada para gurunya yang sudah membaktikan diri di FSH secara ikhlas.

Pelepasan dosen dan karyawan purnabakti ini dihadiri semua unsur pimpinan: Dekanat, Jurusan, dan Tata Usaha, juga para dosen seperjuangan dan murid-muridnya. Tak pelak, para guru pun diberi kesempatan untuk memaparkan pesan dan kesan selama kiprahnya menjadi dosen di FSH. Acara diakhiri dengan pemberian cendera mata dan hadiah penghargaan sebagai kenang-kenangan dari kelarga besar FSH. (Nanang Sungkawa)