UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Penerimaan Santri Baru Ma’had Al-Jami’ah

Mahad Al-Jamiah (Pesantren kampus) UIN SGD Bandung sebagai wahana pembinaan mahasiswa dalam pengembangan ilmu keagamaan dan kebahasaan, serta penanaman dan pelestarian tradisi spiritualitas keagamaan, merupakan subsistem akademik dan pembinaan mahasiswa dalam rangka pelaksanaan visi dan misi pendidikan tinggi Islam.

Secara historis, Mahad Al-Jamiah merupakan pelembagaan tradisi ke dalam kampus Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Oleh sebab itu, Mahad Al-Jamiah harus merefleksikan nilai-nilai kepesantrenan, mentrafnsformasikan keilmuan dan pengalaman tradisi keislaman, dan menjadi model pendidikan khas Indonesia karena muncu dan berkembang dari pengalaman sosilogis masyarakat lingkungannya.

Ilmu-ilmu keislaman yang diajarkan di Mahad Al-Jamiah bersumber dari khazanah intelektual klasik, mendorong sikap intelektual yang berpegang teguh kepada tradisi-tradisi islam yang kaya.

Mahad Al-Jamiah ini memiliki visi “Menjadikan UIN sebagai perguruan tinggi yang unggul dan kompetitf, serta mampu mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum berdasarkan paradigma wahyu memandu ilmu” dan Misi “Menyiapkan generasi ulul albab yang mampu: Memadukan dzikir dan fikir, Memiliki kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual, Menemukan, mengembangkan dan menerapkan ilmu, teknologi, sosial, budaya dan seni”   

Berdasarkan SK Rektor UIN SGD Bandung No. Un.05/II.2/KP.07.6/308/2015, pengelolaan pendidikan:

1. Rektor : Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si

2. Syeikh Mahad Al-Jamiah : Dr. Yayan Rahtikawati, M.Ag

3. Direktur Mahad Al-Jamiah : Dr. H. Badruzzaman M. Yunus, MA

4. Kabid Pengasuhan : H. Wawan Setiawan Abdillah, M.Ag

5.Kabid Bahasa Arab : Ajang Jamjam, M.Ag

6. Kabid Bahasa Inggris : Amung Ahmad Syahir, M.Ag

7. Kabid Administrasi dan Keuangan : Dr. Hj. Teti Ratnasih M.Ag., C.Ht.

8. Staff : Husnul Khair P, M.Ag., Ahmad Zaini Dahlan, M.Ag., Muttasiah Fuadah, SH.,

Untuk tahun akademik 2019/2020, Mahad Al-Jamiah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru baik putra maupun putri, gelombang 1 mulai tanggal 23 Maret-29 Mei 2019; gelombang 2 2 Juni-13 Agustus dengan biaya masuk Rp. 2.800.000,- (Dua Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah) Masuk Ma’had tanggal 26 Agustus 2019, Placement Test (PT) pada 28 Agustus 2019.

Mahad Al-Jamiah ini memiliki kegiatan:

1. Pembelajaran Bahasa Arab (2x/minggu)

2. Pembelajaran Bahasa Inggris (2x/minggu)

3. Pengajian Kitab Turats (1x/minggu)

4. Up Grading (Motivasi dan hospitality) (1x/minggu)

5. Public Speaking (1x/minggu)

6. Ekstrakurikuler (1x/minggu)

7. Khotmul Quran (1x/bulan)

8. Pembinaan dan pengasuhan. 

Info selengkapnya hubungi Ahmad Zaini Dahlan, M.Ag (08555959561), Firgina Amelia Nurhusni (085724135012)