UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pendidikan Biologi Gelar Bioenterprenerurship

[www.uinsgd.ac.id] Dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung menggelar kegiatan Bioenterprenerurship  dengan menghadirkan Narasumber Dr. Tedi Priatna, M.Ag., Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai (PP-BI) Cabang Bandung di Aula FTK Lt. IV Gedung FTK, Sabtu (18/03).

Dalam sambutannya, Sekretaris Prodi Pendidikan Biologi Drs. Yudi Dirgantara, M.Pd.,  menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap panitia penyelengga dan para mahasiswa yang mengikuti acara tersebut. “Kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan tradisi akademik yang harus dilestarikan, bahkan ditingkatkan, selain menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa, juga dapat meningkatkan soliditas rasa kekeluargaan dikeluarga besar Prodi Pendidikan Biologi serta membuka peluang enterpreneur bagi mahasiswa”, tuturnya.

Senada dengan Sekretaris Prodi, M. Ikhsan, mahasiswa semester dua sekaligus Ketua Panitia kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan budaya akademik yang sudah dilaksanakan sejak lama, “Setiap tahun dilaksanakan dengan mengambil tema yang berbeda, dan untuk tahun ini membahas mengenai Bioenterprenerurship budidaya tanaman hias bonsai”, ungkapnya.

Mengenai tema enterpreneurship, Ikhsan menjelaskan “Panitia juga mengakomodir produk-produk yang dihasilkan oleh setiapkan angkatan untuk dipromosikan dalam kegiatan tersebut.” 

Dalam suasana antusiasme para peserta yang  hadir, Dr. Tedi, Dekan FTK, menyampaikan materi mengenai “pengenalan tanaman bonsai secara komprehensif dari mulai arti, sejarah, type, filosofi seni menanam bonsai sampai tanaman bonsai sebagai komoditi bisnis yang sangat menjanjikan,” tegasnya.

Menurutnya dari menanam bonsai ada hal menarik yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran dalam kehidupan, “Menanam bonsai tidak bisa secara instan, tapi membutuhkan proses diantaranya atensi dan pemeliharaan baik, untuk menjadi tanaman hias yang memiliki nilai seni estetika yang tinggi, sehingga menjadi produk komoditi bisnis yang menjanjikan”, ungkapnya.

“Selain menjadi pembahasan yang menarik bagi para mahasiswa prodi Pendidikan Biologi, juga memberi motivasi bagi mahasiswa yang berminat mengembangkan jiwa enterpreneur di bidang budi daya tanaman hias bonsai yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]