UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Tahun 2013 Diperpanjang Sampai Tanggal 5 September

[www.uinsgd.ac.id] Pendaftaran beasiswa Bidikmisi Perguruan Tinggi Agama Islam tahun 2013 yang semula dibuka dari tanggal 14 Maret s/d 19 Agustus 2013 itu ternyata diperpanjang sampai tanggal 5 September 2013.

Menurut Kabag Kemahasiswaan, H. Asep Saepudin Malik, M.Ag,  menjelaskan “Bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2013/2014 yang dinyatakan Lulus Seleksi PCMB jalur SPMB-PTAIN & Mandiri/Ujian Tulis, berhak untuk melakukan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Perguruan Tinggi Agama Islam Tahun 2013/2014 yang semula dari tanggal 14 Maret s/d 19 Agustus 2013 diperpanjang sampai tanggal 5 September 2013,” ungkapnya saat dihubungi Pusinfokom di ruang kerjanya, Gedung Al-Jamiah lantai IV, Rabu (28/8). 

“Untuk tempat pendaftaran di Bagian Kemahasiswaan, Gedung Al-Jamiah lantai IV. Setiap hari kerja dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB,” tambahnya.

Sekitar 140 mahasiswa baru UIN SGD Bandung tahun akademik 2013/2014 akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan beasiswa Bidikmisi Perguruan Tinggi Agama Islam tahun 2013.

“Program Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik, namun secara ekonomi tidak mampu,” jelasnya.

Berdasarkan hasil rapat pimpinan yang dihadiri oleh Wakil Rektor III, Biro Administrasi Umum, Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan, dan Wakil Dekan III masing-masing Fakultas pada tanggal 9 Juli 2013 menghasilkan kesepakatan ” Untuk tahun sekarang ada 140 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi tahun 2013. Pembagian quota berdasarkan hasil rapat dan dalam pendistribusiannya disebarkan kepada 8 Fakultas,” paparnya.

Kabag menguraikan “Pembagian Quota untuk Fakultas Ushuluddin 30 mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 15 mahasiswa, Fakultas Syariah dan Hukum 18 mahasiswa, Fakultas Adab dan Humaniora 19 mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 19 mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi 16 mahasiswa, Fakultas Psikologi 12 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 11 mahasiswa. Jadi penerima beasiswa Bidikmisi ini semuanya berjumlah 140 mahasiswa,” sambungnya.

Mengenai mekanisme penyeleksi calon mahasiswa penerima program Bidikmisi ini. “Ada beberapa tahapan yang harus ditempuh; Pertama, Mengambil Formulir di Fakultas atau Bagian Kemahasiswaan yang dilengkapi dengan persyaratannya. Kedua, Berkas semuanya diserahkan kepada Fakultas dan yang menentukan lolos atau tidaknya itu di Fakultas. Ketiga, Bagi yang dinyatakan lolos pihak Fakultas berhak mengikuti tes besiswa Bidikmisi di Bagian Kemahasiswaan. Keempat, Pihak Kemahasiswaan akan melakukan survei ke lokasi masing-masing penerima beasiswa Bidikmisi. Kelima, Proses pengumuman bagi yang dianggap berhak mendapatkan beasiswa Bidikmisi,” pungkasnya. [Ibn Ghifarie]