UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pemprov Jabar Ajak PTKIS Sinergis dalam Membangun Masyarakat

[www.uinsgd.ac.id] Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengapresiasi digelarnya Rapat Koordinasi (Rakor) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang digelar Kamis-Jumat (26-27/11) di Sariater Spring and Hotel, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan Ketua Biro Pelayanan Sosial Pemprov Jabar Dr. Dedi Iskandar, M.Si membacakan pidato sambutan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Ahmad Heryawan berharap, Rapat Koordinasi PTKIS 2015 yang digelar Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten itu bisa menjadi energi baru untuk lebih meningkatkan dan membangkitkan semangat pendidikan berbasis keagamaan yang andal dan berdaya saing.

Menurut Ahmad Heryawan, pengembangan perguruan tinggi harus dilakukan dengan mempertimbangkan aspek relefansi antara program pengembangan dengan tuntutan perubahan masyarakat. Hubungan timbal balik antara kedua aspek tersebut mengisyaratkan dinamika perubahan yang semakin kompleks.

Sebagai agen perubahan, lanjut Ahmad Heryawan, Perguruan Tinggi dituntut untuk memainkan fungsi kontrol terhadap dinamika masyarakat yang terus berkembang. sebaliknya, masyarakat dituntut untuk memberikan umpan balik untuk pengembangan perguruan tinggi.   

Karena itu Ahmad Heryawan berharap, menyongsong era Masyarakat Ekonomi Asean 2015, dalam perahu besar Kopertais, Para pengelola PTKIS bisa melakukan langkah-langkah sinergis dengan langkah yang diambil pemerintah. Para pengelola perguruan tinggi diharapkan tidak saja fokus pada meningkatkan kualitas pendidikan, tapi juga harus memperhatikan kualitas lulusan agar memiliki daya saing yang tinggi yang mampu mendorong kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik dan sejahtera. (nur/eza)