UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pembukaan & Sosialisasi Kegiatan Praktik Tilawah bagi Mahasiswa FAH

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 580 mahasiswa semester II di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung  yang terdiri dari jurusan Sejarah dan Kebudayaaan Islam (SKI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Sastra Inggris (SI), dan program Bahasa Inggris (BI) mengikuti acara Pembukaan dan Sosialisasi kegiatan Praktik Tilawah bagi Mahasiswa FAH yang dibuka secara resmi oleh Dekan, Dr. Setia Gumilar, S. Ag., M. Si  di Mesjid Ikomah, Sabtu (20/2/16).   

Dalam sambutannnya Dekan mengemukakan “Dilaksanakannnya kegiatan Praktik Tilawah merupakan langkah baik dan positif. Setiap mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora wajib mengikuti kegiatan Praktik Tilawah. Diharapkan dengan mengikuti Praktik Tilawah ini mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora memiliki kemampuan, keterampilan, dan kesungguhan di dalam memahami al-Quran dan kitab-kitab lainnnya,” paparnya.

Dekan menyatakan “Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora yang berasal dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab serta Sejarah dan Kebudayaaan Islam memiliki target harus bias menghapal  3 Juz al-Quran, sedangkan mahasiswa yang berasal dari Jurusan Sastra Inggris dan program Studi BahasaInggris harus bias menghafal 2 Juz Al-Quran,” optimisnya.   

Bagi Dr. Ading Kusdiana, M. Ag., Wakil Dekan Bidang Akademik yang sekaligus Ketua Pelaksana dalam kegiatan tersebut, menyatakan bahwa kegiatan Praktik Tilawah yang diselenggarakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora merupakan kegiatan pendidikan yang bersifat non-SKS.  

“Kegiatan Praktik Tilawah tidak bias dianggap remeh, karena jika ada mahasiswa  yang tidak mengikuti Praktik Tilawah maka mahasiswa tersebut tidak akan bias mengikuti Ujian Komprehensif maupun Munaqashah. Selama dalam satu semester mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora wajib mengikuti bimbingan Praktik Tilawah. Mereka harus mendapatkan bimbingan dari para dosen pembimbingnya, sehingga kedepan tidak ada lagi mahasiswa yang tidak bias membaca, menulis, menghafal, menerjemahkan dan menafsirkan ayat dan surat yang terdapat dalamal-Quran. Oleh karena itu mereka tidak akan memalukan lembaga bila berada di tengah-tengah masyarakat” tuturnya.

Perlu diinformasikan selama dalam satu semester, materi yang diberikan dalam kegiatan Praktik Tilawah itu mencakup: qiraat al-Quran,  khat al-Quran, hifdz al-Quran,menerjemahkan dan menafsirkan al-Quran, ditambah dengan membaca teks kitab Kuning. Semoga sukses dan bias menjawab harapan umat. 

Dalam kegiatan ini turut hadir para Dosen Pembimbing Praktik Tilawah yang secara khusus telah mendapat tugas dari Dekan Fakultas Adab dan Humaniora untuk melaksanakan tugas bimbingan. “Kegiatan Praktik Tilawah sangat penting bagi mahasiswa Adab dan Humaniora dengan tujuan agar seluruh mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora bias membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan, bahkan menafsirkan al-Quran untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]