UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pembaharuan Pelaksanan Program ICT 2018

[www.uinsgd.ac.id] Pelaksananaan kegiatan Information and Communication Technology (ICT) kembali diadakan, setelah tahun lalu berhasil diikuti oleh sekitar 4.800 mahasiswa UIN Bandung. Berbagai persiapan dilakukan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD), termasuk menyediakan 8 laboratorium baru dan pembaharuan waktu pembelajaran.

Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik Asep Muhyiddin, dengan adanya program ICT, UIN Bandung dapat mencapai visi kampus yang mengedepankan ‘Unggul dan Kompetitif.’ “PTIPD berperan proaktif terhadap pencapaian tujuan kampus untuk dapat bersaing dengan alumnus-alumnus universitas lain,” ujarnya saat membuka acara Sosialisasi ICT Mahasiswa Tahun Ajaran 2015/2016 di Aula Lecture Hall, Senin (05/03/2018).

WR I mengungkapkan kegiatan ICT tidak termasuk dalam persyaratan sidang munaqosah dan komprehensif di universitas. Terkecuali bagi fakultas yang mewajibkan aturan untuk mengikuti program ICT. Namun, kegiatan ini mampu menjadi bahan yang dapat memperkaya keterampilan dan berguna bagi mahasiswa.

Program Information and Communication Technology (ICT) yang mengusung tema ‘Digital Academic Writing’ ini telah disahkan dan memiliki aturan normatif tersendiri. Tertuju pada Keputusan Rektor UIN Bandung No. 832/Un.05/IT/PP.00.9/10/2017, bahwa pelatihan tersebut wajib diikuti Mahasiswa UIN Bandung terhitung dari angkatan 2014 dan seterusnya.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Undang Syarifuddin, turut menuturkan jika pelaksanaan ICT diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa dan tanpa dipungut pembayaran. Terdapat beberapa pembahasan yang akan menjadi bahan pembelajaran di antaranya, penulisan karya ilmiah dengan baik dan benar, plagiarism checker, dan  teknis mengutip referensi dari internet.

“Khusus jadwal, pihak PTIPD menyediakan waktu pagi hingga sore hari mulai pukul 08.40-18.00 WIB dengan kuota sebanyak 30 mahasiswa tiap kelasnya,” pungkasnya.

Sistem pendaftaran ICT khusus angkatan 2015 dibuka mulai 5-16 Maret 2018, dengan persyaratan mahasiswa harus memasukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan kata sandi serta mendaftar di http://ptipd.uinsgd.ac.id/ICT. Sedangkan pelaksanaan dilangsungkan pada 2 April-18 Mei 2018 dengan 6 kali pertemuan berdasarkan jadwal yang dipilih mahasiswa. Di akhir pertemuan, mahasiswa diwajibkan mengikuti ujian dan mendapat skor minimal 60.(Riska Yunisyah Imilda, Reta Amaliyah Shafitri/Jurnalpos)