UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN Bandung tidak Membubarkan Kegiatan Seminar

Rumor yang berkembang menyebutkan bahwa UIN Bandung membubarkan secara paksa sebuah kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan Ilmu-Ilmu Islam di Pusat Perpustakaan.

Bersama ini disampaikan beberapa hal berikut ini. Pertama, UIN Bandung tidak berkapasitas membubarkan kegiatan seminar tersebut, karena bukan kegiatan internal lembaga. Kegiatan tersebut adalah  kegiatan elemen masyarakat yang mengajukan permohonan peminjaman tempat untuk kegiatan di UIN Bandung, tepatnya di Pusat Perpustakaan, yang kemudian mendapatkan penolakan dari beberapa orang anggota sebuah LSM. 

Kedua, pihak UIN Bandung hanya menganjurkan kepada semua pihak yang pro dan kontra pada kegiatan seminar tersebut untuk mencari solusi, sehingga hak akademik masyarakat manapun dihormati dan pihak yang kontra diperhatikan aspirasinya. 

Ketiga, pihak UIN Bandung menganjurkan agar ketidaksetujuan kepada sebuah kegiatan akademik agar dijawab dengan kegiatan akademik lagi. 

Keempat, UIN Bandung meminta agar semua orang mengedepankan sikap baik sangka (husnuzhzhan) dan mengembangkan sikap toleran di masyarakat.

Dengan dimuatnya berita ini, UIN Bandung, menyatakan sekali lagi bahwa tidak ada pembubaran kegiatan seminar. UIN Bandung memegang teguh prinsip bahwa setiap kegiatan akademik apapun dapat dilaksanakan di dalam kampus, selama tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku. (Humas Al-Jamiah)

Sumber, website Perpustakaan UIN SGD Bandung