UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

LC UIN SGD akan Tes Bahasa Inggris 250 Ulama

Pusat Pengembangan Bahasa (Language Center/LC) UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada 4 Maret 2019 akan menyelenggarakan tes bahasa Inggris bagi 250 ulama se Jawa Barat. Ulama yang memenuhi syarat, selanjutnya akan mengikuti pelatihan bahasa Inggris sebagai prasyarat berdakwah ke luar negeri.

“Kami dipercaya untuk melaksanakan tes Bahasa Inggris oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan British Council, dalam program English for Ulama,” ujar Ketua Pusat Pengembangan Bahasa UIN SGD, Dr H Abdul Kodir, M.Ag, didampngi staf Enjang Sukmana, S.Ag.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada ulama di bawah naungan Majelis Ulama Indonesia  (MUI) Jawa Barat. Pelatihan ini diberlakukan sebagai persiapan para ulama untuk diberangkatkan ke luar negeri guna program dakwah.

Para ulama punya kesempatan untuk ikut berkompetisi dalam persaingan global di bidang pendidikan dan keagamaan. Program ini diluncurkan dalam rangka percepatan pencapaian visi Jawa Barat yang kompetitif dan juara dalam segala bidang. Ulama terbaik dari pelatihan ini rencananya akan dikirim ke negara-negara Eropa.

“Sebelum pelatihan, sekitar 250 ulama akan melakukan tes bahasa Inggris di Pusat Pengembangan Bahasa UIN SGD Bandung. Kami sudah siap melakukan itu, karena kami punya sarana prasarana yang memadai, ditambah oleh para instruktur yang professional dan mumpuni,” lanjut Dr Koko, panggilan akrab Dr H Abdul Kodir.

Menyinggung program penguatan di internal kampus, Dr Koko berharap bahwa sertifikat kursus bahasa Inggris/Arab yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Bahasa bisa difungsikan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sebagai dokumen resmi yang dikeluarkan UIN SGD mengenai rekam jejak kualifikasi lulusan, untuk kepentingan mereka bersaing di dunia kerja.

“Kenapa tidak? Semua mahasiswa UIN Bandung wajib mengikuti kursus bahasa. Dan, pada tahun ini adalah penyelenggaraan kursus tahap ketiga, yang akan diikuti oleh 10.000 mahasiswa dari dua angkatan: 2016/2017 dan 2017/2018. Sebelumnya, pada tahap 1 sudah menjebolkan luilusan sebanyak 4.700 dan tahap 2 sebanyak 5.400 lulusan,” jelasnya.

Program lainnya, dalam waktu dekat Pusat Bahasa akan menyelenggarakan Festival Bahasa (Language Festival) tingkat nasional, yang diikuti oleh mahasiswa  Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN).  Kegiatan ini penting dalam rangka mengasah kemampuan bahasa di kalangan mahasiswa. “Selain kursus bahasa, kami pun terus berinovasi dan mencari momentum melalui kegiatan khas akademik,” kata Dr Koko

Pusat Pengembangan Bahasa ini menjadi lembaga yang andal di bidang kebahasaan dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan serta memperkukuh jati diri, karakter,  martabat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, guna memperkuat daya saing world class university. Tantangan UIN SGD adalah menempatkan sejajar dengan universitas-universitas terkemuka di dunia. Maka, budaya berbahasa internasional (Arab dan Inggris) menjadi kunci menuju universitas bertaraf internasional (world class university).[nanang sungkawa]