UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Babak Baru Kajian Al-Quran dan Hadits

UIN SGD Bandung Siapkan Kajian Kekinian Untuk Era Milenial

[www.uinsgd.ac.id] Sebagai rangkaian memperingati Dies Natalis ke-50 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Fakultas Ushuluddin juga menggelar konferensi internasional.

Seminar internasional yang akan mempresentasikan 68 artikel itu mengusung tema umum “Quran – Hadits, Information Technology and Media: Challenges and Opportunities”.

Adapun tema-tema artikel tersebut antara lain berkaitan dengan kajian-kajian Al-Quran di era Millenial seperti digitalisasi Al-Quran, pembuatan-pembuatan aplikasi dan software Al-Quran sampai dengan fenomena kajian-kajian Al-Quran di internet dan media social yang akan dibahas dalam 14 grup diskusi paralel.

Irma Riyani, ketua panitia acara konferensi International mengatakan bahwa kajian Al-Quran dan Hadits di era millennial tersebut harus sudah mulai mengakomodasi penggunaan teknologi dan media sebagai sarana, baik pada tataran pembelajaran untuk kajian, metodologi maupun praktis.

Menurutnya dengan adanya sarana multimedia tersebut merupakan babak baru dalam kajian Al-Quran.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa, tentunya ada beberapa dampak yang akan timbul dari penggunaan teknologi tersebut, seperti masalah otoritas, isi maupun sumber, menurutnya hal itu akan menjadi tantangan tersendiri.

“Tetapi bisa juga sarana multimedia ini sebagai kesempatan bahwa pesan-pesan Al-Quran dan hadis ini bisa lebih mudah dan lebih luas untuk diakses.” ujarnya Irma Riyani, Ketua Panitia Konferensi International, saat ditemui Tribun Jabar di Aula Anwar Musaddad Kampus 1 UIN SGD Bandung, Selasa (2/10/2018).

Selain itu Irma mengatakan Konferensi Internasional tersebut juga menjadi acara pertemuan tahunan Asosiasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir se-Indonesia.

Untuk acara pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Grand Cordela, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. (Hilda Rubiah, Dedy Herdiana)

Sumber, Tribun Jabar Selasa, 2 Oktober 2018 15:56