UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

PBA Persiapkan Uji Kompetensi Berbasis TOAFEL

[www.uinsgd.ac.id] Menjelang tahun akademik baru, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung mempersiapkan uji kompetensi berbasis TOAFEL (Test of Arabic as a Foreigen Language), seperti dilansir SuakaOnline.

Menurut Ketua Program Studi PBA, Aep Saepurrohman menuturkan peserta uji coba soal itu adalah mahasiswa PBA semester 6 yang telah menyelesaikan mata kuliah keterampilan bahasa secara akademik.

“Dalam uji coba soal berbais TOAFEL ini yang menjadi peserta hanyalah mahasiswa dari semester IV saja, karena telah menyelsaikan mata kuliah keterampilan bahasa,” jelas  saat diwawancara, Rabu (05/06).

Tes tersebut tak jauh beda dengan TOEFEL (Test of English as a Foreign Language). Jika TOEFEL mengukur keterampilan berbahasa Inggris maka TOAFEL berguna mengukur keterampilan mahasiswa dalam berbahasa Arab.

Latar belakang uji kompetensi berbasis TOAFEL tersebut telah termaktub dalam panduan akademik Prodi PBA. “Terobsan baru ini dilatar belakangi oleh pedoman akademik yang mewajibkan prodi PBA untuk mengadakan uji kemampuan berbahasa bagi mahasiswa PBA yang akan mengikuti sidang munaqosah,” ungkap Aep selepas mengawas uji coba soal.

Uji kompetensi berbasis TOAFEL baru dalam tahap persiapan dan penjajakan. Oleh karena itu sangat jauh tingkat kredibilitasnya bila dibandingkan dengan TOEFEL untuk bahasa Inggris, karena untuk menjjadikan TOAFEL sebagai uji kompetensi yang ideal harus melalui beberapa tahap. Diantara tahap standarisasi uji TOAFEL tersebut ialah sosialisasi, dan penyusunan soal dengan standar soal yang telah ditentukan.

“Untuk uji kompetensi berbasis TOAFEL ini, kami masih dalam tahap persiapan dan sosialisasi, masih banyak pekerjaan rumah bagi kami untuk menyempurnakan uji kompetensi keterampilan bahasa Arab tersebut. Kami masih harus mensosialisasi dan menyusun soal yang terstandarisasi,” jelas Aep.

Aep pun berencana untuk menindaklanjuti persiapan uji kompetensi berbasis TOAFEL tersebut dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan.[Riska Amelia, Irfan]