UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Optimistis, Jurusan SAA Pertahankan Nilai A

Setelah hampir sehari penuh dalam proses akreditasi Jurusan Studi Agama Agama (SAA), asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) memberikan sedikit paparan terkait proses akreditasi tersebut. Dalam suasana akrab, penuh kekeluargaan, dan candatawa DR. Inayah Rohmaniyah S.Ag, M.Hum, MA dan DR.A Hasan Asyari Ulamai, M.Ag mengaku bahwa sebelumnya sempat merasa heran.

Menurut Inayah, dalam penilaian borang yang diajukan ke BAN PT, terlilhat secara umum nilainya sangat kecil. “Secara umum saat memeriksa berkas di BAN PT, kami sempat heran. Tapi setelah visitasi fakta yang kami temukan justru sebaliknya, lebih baik,” katanya.

Bahkan Inayah mengaku terkesan dengan cepatnya kinerja tim di jurusan SAA. “Saya terkesan dengan kinerja Sekretaris Jurusan SAA. Saya bertanya aja belum selesai, Ibu Roro sudah tunjukan datanya,” ujar Inayah disertai guyonan yang disambut gelak tawa.

Tentu saja kondisi tersebut membuat suasana yang sebelumnya terasa kaku menjadi sangat cair. Bahkan DR Inayah beserta DR. Hasan memberikan aura optimise  Jurusan SAA bisa mempertahankan nilai Akreditasi A. 

Inayah yang menjadi juru bicara pada paparan tersebut menduga kecilnya nilai  akreditasi di BAN PT karena kesalah teknis. Namun karena fakta dan data saat visitasi (penilaian/kunjungan langsung) menunjukan hal yang lebih baik Dia pun optimis hasilnya akan lebih baik. “Proses akreditasi ini masih  berlangsung di BAN PT. Kami juga sebagai asesor harus mempertanggungjawabkan hasil penilaian kami,” jelasnya. Dia mencontohkan satu asesor memberi nilai tinggi sedangkan yang satu memberi nilai sangat rendah itu pasti dipertanyakan. Tapi secara keseluruhan semuanya lengkap sehingga proses akredtasi berjalan lebih cepat dari biasanya. (nurholis)