UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Optimalisasi Implementasi Pendidikan Karakter Menuju Bangsa Indonesia yang Lebih Baik

“The greatest problem that has confronted man from immemorial is the moral problem, masalah terbesar yang dihadapi manusia sejak zaman dahulu kala sampai saat ini adalah masalah dekadensi moral” demikian Abu a’ala almaududi dalam buku “ethical view point of islam.”

Masalah dekadensi moral memang sudah menjadi permasalahan dari zaman dahulu hingga sekarang. Dewasa ini dapat kita analisis, di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara, masalah “dekadensi moral” sedang menggejala, mewabah, marak dan merebak dalam berbagai bidang kehidupan.

Dalam bidang sosial; tawuran antar pelajar, tawuran antar warga, perjudian, perzinahan, narkoba, pencurian, bahkan pembunuhan semakin merajalela. Dalam bidang hukum; ketidak adilan, jual beli hukum, mafia pengadilan ada dimana-mana.

Dalam bidang politik pemerintahan; desakralisasi kekuasaan, degradasi kredibilitas, budaya hipokrit, budaya korupsi, kolusi, dan nepotisme bahkan akhir-akhir ini kita sering mendengar betapa moralitas para pemimpin bangsa ini sering memalukan, memilukan, mengkhawatirkan bahkan sangat menyakitkan kita sebagai warga negara yang beradab dan beragama ini. Hal ini terjadi karena karakter bangsa kita telah memudar( Amirullah:2006).