UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

OPAK 2013, Gerbang Awal Mengenal Dunia Kampus

[www.uinsgd.ac.id] Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) Mahasiswa Baru UIN SGD Bandung tahun akademik 2013/2014 yang dilaksanakan pada tanggal 29-31 Agustus 2013 di lingkungan UIN SGD Bandung ini merupakan gerbang awal mengenal dunia kampus UIN SGD Bandung.

Ihwal ini dibenarkan oleh Fahru Roji Ishak, Ketua Dema UIN SGD Bandung menjelaskan, “Perlu disadari oleh kawan-kawan semua bahwa jika saja kesempatan ini disia-siakan maka penyesalan di kemudian hari pun akan menghampiri. Ketidakmudahan perjuangan untuk masuk kampus ini semoga menjadi refleksi akan keseriusan bagi kawan-kawan dalam menggandrungi realitas di kawah candradimuka ini,” tegasnya.

UIN SGD Bandung merupakan kampus yang senantiasa memiliki nuansa keislaman dengan berbagai disiplin ilmu yang ada. “Oleh karena itu pada kegiatan orientasi pengenalan akademik (OPAK) ini kawan-kawan harus senantiasa mentransformasikan berbagai hal yang berangkat dari pengetahuan tentang ke-siswa-an menuju pengetahuan yang berwawasan kemahasiswaan. Sebagai mahasiswa kita sudah harus mampu menatap masa depan dan tidak hanya berbicara kita secara pribadi akan tetapi bagaimana mereka mampu mendapat nilai manfaat dari apa yang kita miliki.,” jelasnya.

“OPAK merupakan sebuah gerbang awal pengetahuan tentang dunia kampus UIN SGD Bandung. Kegiatan ini merupakan sebuah tahapan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa baru sehingga mampu melakukan penyesuaian terhadap kampus ini serta mampu bersosialisasi dengan berbagai elemen yang ada baik antar mahasiswa baru, organisasi kemahasiswaan, dan juga dengan kalangan dosen, karyawan dan pimpinan lembaga di kampus UIN SGD Bandung,” sambungnya.

Bagi Muchtar Adi Wijaya, Ketua Pelaksana OPAK menambahkan kegiatan OPAK ini merupakan kegiatan rutin yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa baru di UIN SGD Bandung. “Esensi dari kegiatan ini adalah upaya memberikan stimulasi kepada kawan-kawan sehingga mampu menyesuaikan diri terhadap realitas kampus dan pada kelanjutannya diharapkan akan mampu pula ikut serta berperan aktif, sadar akan peran dan fungsinya sebagai mahasiswa didalam dunia kemahasiswaan maupun di masyarakat secara luas,” pesanya.

“Saya berharap besar kawan-kawan semua mampu memberikan kontribusi positif terhadap kampus tercinta ini melalui kegiatan opak ini dengan cara ikut serta kegiatan ini dengan tertib dan teratur,” harapannya. []