UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Nisa Gumati Mahasiswi Jurusan Muamalah Raih Terbaik ke-3 dalam Gathering Expo Wira Usaha Muda Tahun 2015

[www.uinsgd.ac.id] Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Ringgi Mohammad Natsir mengatakan perguruan tinggi harus melahirkan wirausahawan, selain melahirkan tenaga profesional.

“Perguruan Tinggi di Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar untuk melahirkan wirausaha muda. Pembangunan ekonomi bangsa tidak serta merta meningkat dan maju, tanpa peran wirausaha yang signifikan,” kata dia yang disampaikan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Ahmad Intan pada sambutan pembukaan Gathering-Expo Wirausaha Muda Kampus 2015 (WMK) di Auditorium Universitas Al-Azhar, Jakarta (Rabu, 23/12).

Acara yang diselenggarakan bekerjasama dengan CEDeS tersebut bertujuan untuk membangun iklim usaha yang kondusif di tengah kalangan muda kampus. “Selain melakukan ekspose terhadap produk wirausaha kampus, CEDeS Indonesia juga memberikan apresiasi terhadap produk wirausaha terbaik dan potensial untuk berkembang,” kata Direktur CEDeS Indonesia, Zaenul Ula.

Pada acara tersebut, ada 3 (tiga ) mahasiswa yang terpilih dan mendapat apresiasi dari CEDeS Indonesia. Ketiga mahasiswa yang terpilih sebagai prosasal terbaik, antara lain: Anisa dengan jenis usaha “Es Krim Sayur”, mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai juara. Selanjutnya, Tri Yudistria dengan jenis usaha “Kelinci Hias,” mahasiswa UIN Jakarta sebagai terbaik kedua. Terakhir, Nisa Gumati dengan “Es Kuwut Bali” mahasiswa UIN Bandung sebagai terbaik ketiga.

Gerakan Wirausaha Muda Kampus (WMK) diluncurkan pada 12 Agustus 2015 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, memiliki tujuan untuk mendorong lahirnya wirausahan muda dari perguruan tinggi–melalui program pembangunan mindset dan skil kewirausahaan mahasiswa. Kegiatan utama yang dilakukan Gerakan Wirausaha Muda Kampus adalah Kuliah Umum Wirausaha, Workshop Dosen Wirausaha, Mentoring Wirausaha, dan Apresiasi Wirausaha. [Dhuha Hadiansyah, Rimanews]