UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Monash University Kagum pada Klinik Hukum

[www.uinsgd.ac.id] Dua mahasiswi senior Fakultas Hukum Monash University, Melbourne Australia, Taylor dan Jasmine mengaku kagum dan sangat respek terhadap model dan praktik pelayanan Klinik Hukum yang diberikan oleh mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung kepada masyakat di Pengadilan Agama (PA) Sumedang.

“Kami respek sekali dengan model pelayanan Klinik Hukum Fakultas Syariah dan Hukum di Sumedang ini. Karenanya dalam studi banding ini kami ingin bertukar pengalaman dan menyerap model serta bentuk-bentuk pelayanan konsultasi hukum kepada masyarakat,” ujar Jasmine, saat berkunjung ke Klinik Hukum FSH di Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang, baru-baru ini.

Kedua mahasiswa senior ini datang ke FSH UIN Bandung didampingi Senior Advisor AIPJ Drs Wahyu Widiana, MA dan Coordinator for Legal Identity AIPJ, Hilda. Semua tamu yang datang diterima oleh Dekan FSH Dr Ah Fathoni, M.Ag; Wakil Dekan I Dr HA Hasan Ridwan, M.Ag; Ketua Jurusan Ahwal al-Syakhsiyyah (AS) Dr H Usep Saefulloh, M.Ag dan sekretaris H Burhanudin, S.Ag, MH; serta para mahasiswa yang magang di Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum (LBKH) FSH.

Mahasiswa asing tersebut sengaja berkunjung untuk meninjau praktik Klinik Hukum yang melibatkan masiswa FSH UIN Bandung di PA Sumedang. Selain itu melakukan studi banding tentang model dan bentuk pelayanan konsultasi hukum yang dilakukan mahasiswa FSH kepada masyarakat. “Mereka juga bertukar pengalaman dengan mahasiswa kita soal praktik klinik hukum,” timpal Kajur AS Dr Usep.

Yang membuat mereka kaget, pelayanan Klinik Hukum di PA Sumedang  digelar setiap hari kerja, sedangkan di Monash  University hanya seminggu sekali. “Harapan saya, kerjasama ini bisa terus terjalin. Mahasiswa kita juga bisa berkunjung ke sana, berikut kerjasama dalam bidang penelitian dosen dan mahasiswa,” harap Dr Usep.[nank/dky]