UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Milad ke 20, MD Gelar Seminar Ketahanan Bangsa Berbasis Mesjid

[www.uinsgd.ac.id] Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung memperingati Milad ke 20 Tahun pada Rabu (23/03) bertempat di Auditorium Lama, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan Kreasi Seni Mahasiswa dan Seminar dengan tema “Ketahanan Bangsa Berbasis Masjid” yang diisi oleh dua pemateri, yaitu Wakil Ketua PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jabar, Ir. K.H. Zulkarnaen dan Ketua BKM An-Nuur PT. Telkom, KH. Ahmad Humaidi, M.Si.

Hilman Maulana, Ketua BEM-J Manajemen Dakwah dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai langkah awal Manajemen Dakwah untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Ketua Senat Mahasiswa FDK, Asep Kurniawan, dalam sambutannya mengapresiasi BEM-J Manajemen Dakwah yang dalam Miladnya ke 20 Tahun ini mengangkat tema Seminar “Ketahanan Bangsa Berbasis Masjid”. “Dewasa ini mahasiswa Manajemen Dakwah mempunyai tantangan, untuk mengembalikan fungsi Mesjid menjadi Pusat Pendidikan dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, tidak hanya menjadi tempat ibadah semata”, ujarnya. 

Ketua Prodi Manajemen Dakwah, Arif Rahman, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan program pengembangan prodi yang sudah dan akan dilaksanakan dalam masa kepemimpinannya. Saat ini, prodi Manajemen Dakwah telah memiliki laboratorium Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) yang telah berjalan dan mempunyai legalitas formal. Selanjutnya, tahun 2017 ditargetkan laboratorium Manajemen Dakwah akan mengembangkan unit Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Untuk penguatan prodi, Manajemen Dakwah juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga diantaranya Baznas, Dompet Dhuafa, Kemenag Kanwil Jabar, Dewan Mesjid Indonesia (DMI) dan berbagai lembaga stakeholder lainnya. 

Diakhir sambutannya, Arif Rahman, mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya kepada para mahasiswa Manajemen Dakwah yang telah proaktif melakukan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat, dan berharap “dalam momentum Milad ke-20 ini Keluarga Besar prodi Manajemen Dakwah dapat maju dan melangkah kearah yang lebih baik lagi”, tuturnya. [Humas Al-Jamiah]