UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Meretas Dunia dengan Membaca, Menulis dan Diskusi melalui TGB

[www.uinsgd.ac.id] Meretas dunia dengan membaca, menulis dan diskusi, adalah tema yang diangkat oleh Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada Ta’aruf Generasi Baru (TGB) kali ini. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 9-11 November, bertempat di Cigentur, Majalaya.

Menurut Ihsan, selaku panitia acara, tema tersebut diambil berdasarkan Trilogi LPIK. “Membaca, menulis dan diskusi merupakan Trilogi LPIK dimana hal ini sudah menjadi fundamental dalam sebuah sistem. Nantinya diharapkan hal ini dapat membangun kesadaran disetiap diri anggota. Mengingat peradaban dibangun dari tiga trilogi tersebut,” paparnya, seperti dilansir Suaka Online Jumat (9/11/2012 16:28 ).

Dinda Ahlul Latifah, mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) adalah salah satu peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Mahasiswa semester 1 ini sangat antusias mengikuti TGB. Ia mengaku terkesan sejak pertama kali melihat LPIK. “Pertama ikut diskusi LPIK aku langsung disuruh ikut debat dan itu tuh bener-bener ngelatih kita untuk berpikir kritis. Kalau kita dikelas, kita tuh cuma dapet ilmu dari Dosen doang ga ngomong apa-apa tapi pas di LPIK itu kita dituntut untuk aktif, berontak dari lingkaran-lingkaran sebuah keilmuan,” ungkapnya.

Ia pun berharap dengan mengikuti kegiatan TGB bisa menjadi mahasiswa yang lebih kritis dan lebih berani dalam arti sesuai dengan nilai-nilai idealis. [SuakaOnline]