UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Menteri Suryadharma Ali Buka PIONIR

[www.uinsgd.ac.id] Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, membuka Pekan Ilmiah, Olah Raga, Seni, dan Riset (PIONIR) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) VI 2013 tingkat Nasional di Serang, Banten pada Senin (19/08). Pembukaan digelar di GOR Stadion Maulana Yusuf Serang diawali dengan defile para kontingen dari 53 PTAIN se Indonesia.

Melalui ssambutannya, Menag Suryadharma Ali mengatakan bahwa agenda rutin PTAIN se Indonesia ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kualitas pendidikan PTAIN yang unggul. Terutama dalam pengembangan di bidang riset, olah raga, dan seni mahasiswa PTAIN se Indonesia.  Event ini diikuti oleh 2.037 mahasiswa dan mahasiswi dari 6 UIN, 16 IAIN, dan 31 STAIN di seluruh Indonesia.

Menag mengatakan bahwa mahasiswa adalah ujung tombak dalam mewujudkan masyarakat sejahtera, adil dan makmur. Untuk itu harus berprestasi agar mampu berkiprah di kancah nasional dan internasional.

PIONIR VI memperlombakan 16 perlombaan, terdiri dari perorangan dan beregu, yang terbagi menjadi empat cabang sebagai berikut: cabang ilmiah (debat Bahasa Arab, debat Bahasa Inggris, dan Musabaqah Karya Ilmiah Al-Qur’an), cabang olah raga (futsal, volley ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat tebing, dan pencak silat), cabang seni (musabaqah tilawah al-Qur’an, musabaqah hifdzil Qur’an, pop Islami, design busana muslim, dan kaligrafi), dan cabang riset (karya tulis).

Sekda Provinsi Banten Muhadi mengaku bangga dengan ditunjuknya Banten sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Ilmiah Oiahraga Seni dan Riset (Pionir) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) VI. Dalam sambutan pembukaan Pionir di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Senin (19/8/2013), Sekda meyakinkan bahwa Banten akan menjadikan tuan rumah yang nyaman untuk seluruh peserta. 

Ia berharap, selain meraih prestasi, peserta bisa menikmati kekayaan alam dari Banten dengan meluangkan waktu berkunjung ke tempat wisata dan industri yang ada di Banten.

Sedangkan Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten Syibli Syarjaya menyebutkan bahwa PIONIR akan memperebutkan 388 medali dari 16 cabang perlombaan. Lokasi pertandingan di antaranya adalah GOR Stadion Maulana Yusuf, kampus IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, dan lapangan futsal Radar Banten Arena.

UIN Sunan Gunung Djati mengirimkan sejumlah 67 Kontingen yang akan mengikuti berbagai lomba dalam Cabang yang diperlombakan. Mereka didampingi langsung oleh Wakil Rektor Bindang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ali Ramdhani, STP.,MT beserta para Wakil Dekan dari tiap-tiap fakultas serta Kepala Bagian Kemahasiswaan Drs. Asep Saeful Malik, M.Ag.***[dudi]