UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Menjadi Jurnalis Masa Kini

[www.uinsgd.ac.id] Dengan menggunakan teknologi yang simpel, jaman sekarang siapa saja bisa menjadi seorang jurnalis. Cukup bermodalkan smartphone, masyarakat non media bisa ikut berkontribusi untuk menyiarkan berita. Syaratnya jeli dan kreatif.

Hal tersebut diungkapkan oleh AVP Net News  Kemal Ramadan, saat menyampaikan materi pada kegiatan Net RoadShow, How To Be a Good Journalist. Pria berkacamata yang telah lama melanglang buana di dunia kejurnalistikkan tersebut memberikan materi seputar metode peliputan ala Citizen Journalist (CJ).

“Visi dari Net sendiri  ialah menemukan bakat baru,” ujar pria yang telah 14 tahun bekerja di TV. Ia juga menyarankan untuk selalu mencatat kejadian-kejadian penting dan unik yang terjadi di lingkungan sekitar.

“Its all about story, hanya saja bagaimana memanfaatkan momentum, dan  meliput hal-hal yang tidak diliput oleh wartawan,” tambah Kemal. Banyak hal yang bisa diliput oleh CJ, diantaranya pelayanan publik seperti kurang terawat dan rusaknya sarana prasarana, traveling, kuliner, event, moment, dan lain sebagainya.

Kemal menjelaskan, untuk meliput berita harus memperhatikan beberapa syarat. Yakni kedekatan geografis, kedekatan emosional, ketenaran, dan aktualitas. Kemal juga memperlihatkan beberapa video hasil kiriman CJ yang telah dimuat di Net News. [Isthiqonita, Novi Nurliyas/Jurnal Pos]