UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mengeksistensikan Bahasa Arab Melalui Sahara

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasan Arab (HMJ-PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Bandung, mengadakan acara tingkat nasional, Semarak Apresiasi Khazanah Bahasa Arab (Sahara) 2016, di Aula Multipurpose, UIN Bandung, Senin (2/15).

Acara yang akan berlangsung selama empat hari ini, dimaksudkan untuk membangkitkan dan menggiatkan kembali minat bahasa arab, khususnya di UIN Bandung, umumnya di masyarakat muslim.

“Realita saat ini, bahasa arab dipandang sebelah mata oleh masyarakat, tidak seperti bahasa inggris. Maka dari itu, kami ingin menggiatkan kembali keberadaan, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat muslim,” tutur Ketua Panitia, Dadan Nugraha saat ditemui Jurnalpos, Senin (2/15).

Rangkaian acara yang diadakan selama empat hari ini meliputi berbagai perlombaan, seperti debat bahasa arab, kaligrafi, pidato bahasa arab, mengarang dalam bahasa arab, serta nasyid, yang diikuti oleh peserta tingkat mahasiswa, siswa, dan umum.

Salah seorang pengisi acara yang merupakan mahasiswa PBA, Sofi Fauziah menuturkan, ia sangat mengapresiasi acara ini. “Jadi bukan kita yang selalu mengirimkan delegasi untuk perlombaan diluar, tapi kini orang dari luar bisa menghadiri acara yang kita buat. Kan bisa mengahrumkan nama UIN Bandung juga,” tambahnya.

Dadan berharap, kegiatan ini bisa berjalan sukses, tujuan dari tema bisa tercapai, serta kegiatan seperti Sahara bisa terselenggara setiap tahun dengan adanya berbagai inovasi yang baik dan cemerlang.

“Dengan adanya kegiatan ini, tentunya kita bisa menunjukan kalau UIN Bandung mempunyai kelebihan dan potensi yang bisa menjadi daya jual ke kancah nasional,” papar Dadan.[Shofa Yanti, Zaira Farah Diba/Jurnal Pos]