UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Menelisik Dunia Pendidikan, Menuju Arah Baru Pendidikan Indonesia

Sepanjang sejarah manusia, wacana tentang pendidikan selalu menarik diperbincangkan. Pemaham pendidikan pun jadi pecah, paling tidakmenjadi tiga kubu–kaum potimistis, pesimis dan penengahnya. Ketiganya masing mengklaim bahwa merekalah yang terlayak untuk dipertahankan dan menudaing rivalnya tak perlu hidup.

Pemperhakankan pendidikan sebagai praktik yang menjanjikan menuntut berbagai syarat;  formulasi melalui kurikulum, praktik dengan keteladanan dan unsur outer yang kondusif, seperti lingkungan pendananan dan penampilan.

Banyak hal yang bisa diselisik dari tradisi praktik pendidikan Indonesia, mulai dari hal-hal yang peraktis, sampai perkara strategis; antara layak vs kurang layak untuk diperankan.

Melalu buku inilah penulsi membuktikan ragam “kecurangan” dan kesalehan pengelolaan pendidikan kita dengan mengawali konsep-konsep dasar yang mengakar.

Buku ini mungkin jadi menarik, sebaba Pupuh Fathurrohman mampu membongkar gelagat “kecurangan” itu titik. Juga seimbang, alias tidak cuci tangan, karena dari isi how to-nya kedepan. Dengan penerapan akhlak karimah dalam arti yang luas dalam pendidikan, penulis berkeyakinan pendidikan akan menghasilkan SDM yang unggul dan handal.

Judul: Menelisik Dunai Pendidikan, Menuju Arah Baru Pendidikan Indonesia
Penulis; Pupuh Fahturrohman
Pengantar: Dr. H. Afif Muhammad, MA
Penerbit: tarbiyah Press
Cetak: 10
Tahun: 2002