UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Membumikan Al-Quran dalam Penegakan Hukum Negara

[www.uinsgd.ac.id] Untuk menjadikan kehidupan berbangsa, bernegara yang adil, sejahtera diperlukan membumikannya Al-Quran dalam penegakan hukum. “Supaya Indonesia menjadi negara yang sejahtera, adil, aman, tenteram. Tentunya diperlukan membumikan Al-Quran dalam penegakan hukum negara,” ungkap Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum., saat membuka acara Mudzakarah Pakar bertajuk “Membenahi Kembali Sistem Hukum dan Etika dalam Membangun Peradaban Bangsa” dengan menghadirkan pembicara Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia yang sekaligus Ketua Dewan Penasihat Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) yang diselenggarakan di Aula Rektorat, gedung Al-Jamiah lantai II, Selasa (17/12)

Mengingat Al-Quran merupakan sumber segala kehidupan. “Untuk itu salah satu tugas UIN dan ICMI dalam menciptakan kehidupan bernegara yang adil. Mari kita sama-sama berusaha untuk membumikan Al-Quran dalam membangun peradaban Indonesia yang beradab ini,” paparnya.

Jika UIN dan ICMI bisa bergandengan tangan dan bersama-sama membangun peradaban yang adil, beradab ini kata Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, MS., Presedium ICMI “Silaturahmi dan diskusi seperti ini menjadi sangat penting dalam menciptakan kehidupan yang adil dan beradab. Apalagi UIN dan ICMI bisa menjalin bekerjasama secara berkelanjutan.”   

“Perlu direnungkan menurut Safii’e Maarif penegakan hukum di Indonesia tentang korupsi ini seperti kangker stadium 4. Hukum ini seperti benalu, jika dipangkas maka akan lebih tumbuh melebihi pohonnya. Untuk itu, diskusi pakar tentang hukum dan etika ini menjadi penting dalam menegakan hukum yang adil,” paparnya.

Acara yang diikuti oleh pakar ini menurut Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag., Ketua ICMI Orwil Jabar merupakan salah satu usaha menjali silaturahmi dengan targetan Focus group discussion ummat. “Mudzaharah Pakar yang kedua ini. Untuk pertama di Unpad dan yang kedua di UIN, ditargetkan untuk membentuk FGD Ummat dalam menyongsong Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (Silaknas ICMI) Tahun 2013 yang adakan digelar di Jakarta. Mudah-mudahan memberikan sumbangan untuk penegakan hukum yang berkeadilan,” pungkasnya. []