UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Membudayakan Literasi lewat PJMTD

[www.uinsgd.ac.id] Mengusung tema ‘Membudayakan Literasi’, kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJMTD) sukses digelar oleh LPM Suaka selama tiga hari berturut-turut 30 Januari- 1 Februari 2015. Pelatihan ini merupakan tahap kedua dari beberapa tahap lain yang wajib diikuti oleh calon anggota baru LPM Suaka 2014-2015.

Pelatihan yang tiap tahunnya digelar oleh Suaka, tahun ini berlangsung di Kampung Cipulus, Cisurupan. Dari 125 pendaftar, tersaring 63 mahasiswa dari berbagai jurusan di UIN SGD Bandung yang berhak mengikuti rangkaian acara PJMTD.

Menurut Ketua Pelaksana PJMTD, Restia Aidila Joneva acara ini merupakan ajang pengenalan dunia kejurnalistikan pada calon anggota baru LPM Suaka. “Karena tidak semua peserta sudah paham dunia kejurnalistikan. Jadi di PJMTD ini kita setarakan pengetahuan mereka tentang kejurnalistikan,” ujar Restia yang akrab dipanggil Ola.

Beberapa pembicara yang telah berpengalaman dan mumpuni dalam bidangnya didatangkan di acara PJMTD. Mendatangkan Hilmi Abdulhalim (Wartawan Pikiran Rakyat), Djuli Pamungkas (Fotographer Sindo), Fazar Fauzan (Praktisi Online), Epul Saepuloh (Periset Pikiran Rakyat) dan Deli Luthfi (Layouter Bandung Eksplor).

Setelah materi, para calon anggota Suaka melakukan simulasi wawancara, membuat media dan mempresentasikan di depan panitia LPM Suaka. Pada sesi ini, Nizar salah satu peserta PJMTD merasa banyak ilmu yang didapat, walaupun diberi kritikan pedas oleh panitia. “Kesel sih, udah capek-capek bikin ternyata masih banyak yang harus dikritik. Tapi ini kritik yang membangun ko,” ujar mahasiswa Sosiologi tersebut.

Ola berharap para peserta bisa paham dan mengamalkan ilmu kejurnalistikan yang didapat selama PJMTD. “Kami tunggu keseriusan dan semangat teman-teman pada tahap selanjutnya,” pungkas Ola. [Suaka]