UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Membentuk Generasi Qur’ani

[www.uinsgd.ac.id] 322 peserta mengikuti Masa Penerimaan Anggota Baru UPTQ (Unit Tilawatil Qur’an) yang sedang berlangsung di Auditorium UIN SGD Bandung, Jumat (19/10).

Agenda tahunan UPTQ kali ini mengusung tema “Reorientasi nilai-nilai UPTQ untuk membentuk Generasi Qur’ani.”  Reorientasi yang berarti pengenalan kembali ini bertujuan untuk melahirkan generasi atau kader-kader yang berjiwa Qur’ani. Jiwa yang Qur’ani yaitu mencintai Al-qur’an, baik membaca maupun mengamalkannya.

Menurut Iqbal Fauzi, Ketua Pelaksana menjelaskan “Pada intinya, pengenalan kembali lebih mendalam tentang UPTQ,” ujarnya di sela-sela acara, seperti dilansir SuakaOnline (19/10)

Iqbal menjelaskan bahwa Acara dengan 322 peserta ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 18-21 Oktober 2012. Kemarin, telah diadakan perlombaan MTQ dengan 36 peserta dan Da’i Da’iyah 33 peserta. Sedangkan pada hari ini, para peserta masa penerimaan anggota baru UPTQ diberi berbagai materi seputar departemen yang berada di dalam UPTQ. Kemudian para peserta akan ditantang untuk terjun ke lapangan, yaitu bertempat di Pondok Pesantren Al-Muttaqin di Cicalengka pada hari Sabtu dan Minggu.

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam itu menuturkan “Makna dari tema ini, otomatis ketika telah mempelajari dan mencintai Al-quran, dia juga akan tertarik untuk menyampaikannya (dakwah),” pungkasnya. [Santi]