UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Masyarakat harus Tahu Keunggulan FSH

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung tidak hanya berpredikat bagus secara kelembagaan, tetapi juga harus terdengar dan tersosialisasikan kepada masyarakat, terutama melalui pengabdian dan karya kreatif para dosennya.

Demikian harapan Dekan FSH UIN SGD Dr Ah Fathonih saat membuka Rapat Kerja (raker) FSH UIN SGD 2017, Selasa (24/01/2017). Raker ini membahas Rencana Strategis (Renstra) dan Program Kerja Tahun Akademik 2017, yang dibahas bersama para wakil dekan, para ketua dan sekretaris jurusan, ketua laboratorium, dan lembaga penunjang lainnya.

“Indikator raker adalah menyusun rincian program atau istilah lainnya daftar keinginan, dengan memperhatikan dan memahami kondisi riil.  Program yang diusulkan harus terukur dan terarah sesuai dengan norma dan aturan yang sudah disepakati bersama,” kata Dekan.

Kesembilan jurusan/prodi yang ada di lingkungan FSH harus menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Karenannya, yang harus cermati adalah pola pendidikan yang terus mengalami perkembangan, terlebih dengan diterapkannya kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI (Perpres Nomor 8/2012).

“Kita harus melahirkan capaian pembelajaran yang memiliki kemampuan, diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja; sehingga output FSH selaras dengan kebutuhan masyarakat/dunia kerja,” jelasnya.

Raker, yang berlangsung dua hari ini, mengurai program-program penguatan pada 15 sasaran: Kelembagaan, Ketenagaan, Kurikulum, Akademik dan Pembelajaran, Penelitian, Penerbitan, Perpustakaan, Pengabdian kepada Masyarakat, Kemahasiswaan dan Alumni, Manajemen, Kemitraan, Sistem Penjaminan Mutu, Sistem Informasi, Sarana dan Prasarana, serta Kesejahteraan dan Olahraga. [Nanang Sungkawa]