UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

MAPALA Se-Jawa Barat Peringati Hari Air Sedunia

[www.uinsgd.ac.id] Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) se-Jawa Barat gelar talkshow dan aksi lingkungan di Gedung Multipurpose, UIN Bandung, Selasa (22/03). Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 22 maret.

Dengan mengusung tema “Peduli Masalah Lingkungan Hidup”, acara ini dihadiri sekitar 50 perwakilan Mapala se-Jawa Barat, beberapa diantaranya Mapenta Universitas Islam Bandung (Unisba), Mahapeka UIN Bandung, Palawa Universitas Padjajaran, Khaniwata Universitas Siliwangi, Arga Wilis Institut Seni Bandung Indonesia dan .

ketua Perwakilan Koordinator Mapala Jawa Barat, Niar (20) mengungkapkan acara ini digelar untuk memupuk rasa kekeluargaan antar sesama Mapala di Jawa Barat serta membahas permasalahan-permasalahan lingkungan khususnya di Jawa Barat .

“Kita ngundang Ketua Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Dadan Ramdhan untuk membahas permasalahan lingkungan yang ada di jawa barat. kita diskusi tujuannya agar Mapala berjalan fungsi sosialnya di lingkungan masyarakat,” ujar Niar saat diwawancarai Jurnalpos di ruang sekretariat Mapenta.

Salah seorang perwakilan Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (Mahapeka) UIN Bandung, Fuad Rijal (19) mengungkapkan kegiatan ini sangat luar biasa. Terutama bisa mengikat emosional antar Mapala dan menuangkan ide-ide yang selama ini belum bisa tersampaikan di forum.

“Acara ini sangat bermanfaat banget. memupuk kekeluargaan antar Mapala dan menyatukan tujuan bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya di Jawa Barat,” ujar Fuad.

Ia berharap kegiatan ini bisa terus berjalan dengan baik. Agar terciptanya persatuan Mapala khususnya se-Jawa Barat yang bisa berguna baik di lingkungan masyarakat atau lingkungan alam sekitarnya. [Siti Dzakiyyah J., Dian Aisyah/Jurnal Pos]