UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

MAN Majenang Kunjungi UIN

[www.uinsgd.ac.id] Sejumlah 314 orang siswa dan guru dari Madrasah Aliyah Negeri 1 (satu) Majenang Kabupaten Cilacap berkunjung ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kedatangan rombongan yang diangkut dengan belasan bis tersebut diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Afifudin, MM dan Kepala Biro Administrasi dan Umum Drs. H. Jaenudin, M.Ag di Aula UIN Sunan Gunung Djati, Kamis (30/01/2013).

Menurut pendampingnya yang juga Kepala Sekolah MAN 1 Majenang, tujuan berkunjung ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam rangka sosialiasi penerimaan mahasiswa baru di UIN. Lebih jauh ingin mengenal tentang UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Kami membawa siswa kelas 11 seluruhnya. Hal ini dimaksudkan agar mereka memiliki waktu untuk mempersiapkan diri. Sekitar 3 semesterkami bisa siapkan agar tidak merasa kesulitan. Oleh karena itu kelas 11 menjadi tepat kami bawa ke UIN,”ujarnya.

Ia mengatakan bahwa alumni MAN Majenang cukup banyak yang kuliah di UIN, khususnya angkatan 2013 atau yang sekarang duduk di semester 2 (dua). Ia berharap dengan kunjungannya tersebut bisa bekerja sama dengan UIN Bandung. Tentu dengan tidak mengindahkan persyaratan normatif mudah-mudahan bisa diprioritaskan.

“Kami ikut menitipkan, mudah-mudahan prestasi belajar alumni MAN Majenang tidak mengecewakan. Syukur-syukur bisa berprestasi sesuai dengan motto MAN Majenang ‘Terdepan dalam Akhlak Unggul dalam Prestasi’ agar membanggakan,”ujarnya.

Ia menyatakan permohonan maaf jika kedatangannya membuat repot pihak kampus. Karena keinginan dekatnya dengan UIN Bandung, minimal kami mengetahui bagaimana sisi fisik dari bangunan UIN Bandung, itu juga jika tidak mengganggu. ”Mohon maaf yang sebesar-besarnya,”pintanya.

Prof. Dr. H. Afifudin, MM Wakil Rektor Bidang Akademik menerima dengan senang hati kunjungan tersebut. Ia tekankan bahwa terdapat banyak manfaat dari kunjungan bagi semua pihak.

Mantan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini menjelaskan bagaimana perkembangan UIN Bandung dalam beberapa tahun terakhir baik dari sisi infrastruktur, akademik ataupun input mahasiswa.

“Dulu bangunan UIN hanya ada 4, sekarang sudah megah. UIN Bandung juga kini memliki 8 fakultas dengan jenjang pendidikan mulai dari S-1, S-2, dan S-3.,”ujarnya.

Berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, ia menjelaskan bahwa UIN membuka 5 jalur penerimaan. Dua jalur melalui Kementerian Dikbud, dua jalur melalui Kementerian Agama dan satu jalur mandiri UIN.

Ia berharap, agar alumni MAN Majenang menjadi bagian dari mahasiswa UIN, mudah-mudahan prestasinya bagus-bagus.***[dudi]