UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mahasiswa UIN SGD Ikuti International Islamic Curtural Connect

Nurina Hidayanti, mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Semester 6 terpilih sebagai sala satu dari 16 mahasiswa seluruh Indonesia yang menjadi Delegasi dalam kegiatan International Islamic Curtural Connect (IICC) yang diselenggarakan di dua Negara, yaitu Singapore dan Malaysia.

Kegiatan pertama dilangsungkan di Jamiyah Singapore, yang merupakan salasatu pusat kegiatan dan Da’wah masyarakat muslim di Singapore. Para delegasi berinteraksi dengan masyarakat muslim disana, diantaranya berinteraksi dalam kelas taman kanak-kanak (TK) berbasis Islam.

Selain itu juga bersilaturahmi dengan para Staf dan Pengurus Jamiyah Singapore. Dilanjutkan berdiskusi mengenai sejarah perkembangan Islam di Singapore. Dan bagaimana bisa agama Islam, bisa tetap eksis dan berkembang di negara yang minoritas muslimnya.

Hari pertama diakhiri dengan Social Activity di Merlion Park di pandu oleh seorang pemandu yang menjelaskan mengenai sejarah dan seluk beluk Negara Singapore ini.

Kegiatan selanjutnya adalah Visit Campus ke Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) yang merupakan salasatu Universitas Islam Negeri di Malaysia. Tidak hanya Delegasi dari Indonesia saja, disana pun dipertemukan dengan Delegasi dari Philipina.

Mahasiswa yang berasal dari Indonesia dan Philipina melakukan diskusi mengenai Sains yang dipromotori oleh Mr. BK, Ph. D. Diskusi berjalan bergitu hidup dan hangat.

Setelah Selesai melakukan diskusi dan tanya jawab, para Delegasi dari kedua Negara melakukan Tour Kampus. Dilanjutkan mengunjungi Museum dan Galeri Seni Bank Negara Malaysia. Disana para Delegasi mempelajari sejarah dan perkembangan keuangan, ekonomi yang ada di Malaysia. Juga mengunjungi pameran-pameran seni yang ada di Museum dan Galeri Seni tersebut.

Selanjutnya adalah kegiatan Social Activity di Petronas Twin Tower di pandu oleh seorang pemandu yang menjelaskan mengenai kota Kuala Lumpur. Kegiatan terakhir di tutup dengan mengunjungi kawasan Dataran Merdeka yang ada di Kuala Lumpur dan Kawasan Putrajaya yang merupakan Pusat Pemerintahan Malaysia. Putrajaya adalah tempat bagi Perdana Menteri Malaysia dan Pusat Pemerintahan di Malaysia. (Abu Rafaer)