UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mahasiswa UIN SGD Bandung Urutan 3 Lomba Keprotokolan Humas Jabar 2019

FARGHENIAN Nur Ibrahim, mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) semester tujuh ini berhasil meraih juara 3 Lomba Pembawa Acara Keprotokolan (LAPOR) Piala Humas Jawa Barat 2019 bertajuk  “Refleksi 1 Tahun JABAR Juara”.

Kasubbag Humas UIN SGD Bansung  mengatakan, Farghenian merupakan anggota aktif Korps Protokol Mahasiswa Pramuka UIN Sunan Gunung  Djati Bandung angkatan VIII.

“Ajang seperti ini sangat positif untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membawakan suatu acara resmi. Kami sangat berterima kasih kepada Humas dan Protokol Pemprov Jawa Barat yang telah memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan serta mewadahi minat bakat mereka,” ujar Rohman di Kampus I, Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Kamis (8/8/2019).

Dijelaskannya, berdasarkan data panitia, lomba ini diikuti puluhan mahasiswa se Jawa Barat. Selanjutnya setelah diseleksi, 49 orang lolos ke babak semifinal bersama 18 peserta lainnya dari kategori protokol pemerintah kabupaten/kota.

“Farghenian bersama enam anggota Korps Protokol Pramuka UIN SGD Bansung, Agna Ilma Taopik, Eryanti Nurmaladewi, Ryanda Oktaviani, Risma Muniroh, Fajar Choirul Anam, dan Irma Yuliani masuk ke tahap semifinal,” jelasnya.

Setiap peserta, lanjut Rohman,  pada tahap awal diminta untuk mengunggah video ketika membawakan acara. Setelah itu peserta yang lolos pada tahap seleksi awal, diumumkan untuk mengikuti tahap semifinal yang dibuka Plh. Sekda Jabar, Daud Achmad, di Aula Timur Gedung Sate, Rabu (7/8/2019).

Pada tahap ini, lanjut Rohman, peserta mendapatkan nomor undian untuk tampil membawakan satu naskah acara. Selamjutnya panitia memilih 5 orang dari kategori mahsiswa dan 5 orang dari kaategori protokol pemerintah kabupaten/kota untuk mengikuti babak final.

“Pada tahap final ini peserta mendapatkan tantangan soal langsung dari dewan juri berupa perintah untuk membawakan suatu acara,” terang Rohman.

Sementara Farghenian mengatakan, dia menduduki peringkat ketiga 3 setelah bersaing dengan Arki Arji Pangestu, mahasiswa Universitas Majalengka yang keluar sebagai juara dan Mehdi Hairi Yazdi, mahasiswa Universitas Padjajaran sebagai runner-up.

Sedangkan pemenang kategori protokol kabupaten/kota, lanjutnya, yaitu Laras Anisa dari Kabupaten Garut (Juara), Sri Purwanti dari Kabupaten Pangandaran (runner-up), Rini Megawanti dari Kabupaten Kuningan (peringkat ke-3).

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jabar, Hermansyah mengatakan, piala, uang pembinaan, dan batik dari Tresna Batik akan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat pada Malam Puncak Piala Humas Jawa Barat 2019.

Menurutnya, Lomba Pembawa Acara Keprotokolan (LAPOR) ini menyajikan dua kategori, yakni mahasiswa dari perguruan tinggi se-Jabar dan protokoler pemerintah kabupaten/kota.

Hermansyah mengatakan, lomba ini pertama kalinya di Indonesia. Kegiatan digelar menyambut satu tahun kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzanul Ulum dengan visinya Jabar Juara Lahir Batin.

“Selain ingin mengangkat profil kehumasan pemerintah, kami juga ingin mencatat satu tahun perjalanan Jabar Juara Lahir Batin” pungkas Hermansyah.

Sumber, Galamedia News 8 Agustus 2019