UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mahasiswa Sains Fisika Kenalkan Teknologi Robotik

[www.uinsgd.ac.id] Sebagai upaya mengenalkan teknologi robotik, Himpuan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sains Fisika UIN SGD Bandung bekerjasama dengan Techo Robotic School Bolabot dan Komunitas Pecinta Robot Kotaro menggelar workshop robotika di Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung, Sabtu (19/9/2015).

Dalam acara tersebut, peserta yang terdiri dari beberapa SMA/SMK di Bandung Timur dan sejumlah mahasiswa Sains Fisika dikenalkan dan dilatih untuk mengoperasikan beberapa robot seperti robot mobil kontrol melalui bluetooth. “Peserta juga dilatih menggunakan software arduino untuk memprogram robot di komputer dan robo remo untuk membuat tampilan pengendali robotnya di android,” kata penanggung jawab acara, Salim Mahfudz kepada Suaka.

Salim mengatakan, selain dilatih mengoprasikan robotik, peserta juga diberikan materi terkait perkembangan dunia robotik dewas ini. “Supaya peseta tahu dan paham tentang perkembangan dan beragam jenis robotik,” kata mahasiswa Sains Fisika semester tujuh itu.

Adapun direktur Bolabot Mada Sanjaya mengungkapkan, diadakannya workshop ini sebagai upaya untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan dunia robotik. Selain itu menurutnya, kegiatan ini juga sebagai penunjang perkuliahan mahasiswa Sains Fisika. “Karena ada perkuliahan Fisika Instrument yang disiplin ilmunya tentang robotika,” kata Mada.

Mada pun berharap agar para peserta, terutama dari SMA/SMK yang menjadi peserta bisa turut menyebarluaskan tentang konsep robotik di sekolahnya selepas acara ini. “Mudah-mudahan ini jadi langkah yang bagus untuk perkembangan robotik ke depannya,” ucap Mada yang juga dosen di Jurusan Sains Fisika itu.

Sementara itu, peserta dari SMK Padjadjaran Heni Nurhayati mengaku antusias dengan diselenggarakannya workshop tersebut. Heni yang baru pertamakali tahu tentang teknologi robotik ini mengaku sudah bisa mengoperasikan robot mobil kontrol bluetooth setelah diberi pelatihan oleh panitia.

“Sebelumnya belum pernah mengoperasikan robot, sekarang udah bisa mengontrol mobil robot, menggerak-gerakan mobil maju-mundur,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan. Hani pun berharap acara seperti ini bisa dilakukan kembali. Dikatakannya, setelah mendapat materi soal robotik dirinya berniat akan menularkannya kepada adik-adik kelasnya di sekolah.

Adapun seorang instruktur workshop Ridwan Setiawan mengatakan setelah acara tersebut beberapa peserta mulai tergugah untuk mengenal lebih jauh dan mengembangkan dunia robotik. Saat memberikan pelatihan, dirinya mengaku sedikit merasa kesulitan karena kebanyakan peserta baru pertama kali mengenal dunia robotoik.

“Saat mengajarkan perlu ekstra keras, apalagi yang untuk yang tidak punya basic bahasa pemrograman,” ujarnya.

Ridwan mengatakan ke depannya pun kegiatan serupa akan terus digelar. Karena konsen dari Bolabot dan Kotaro sebagai lembaga yang konsen di dunia robotik punya tujuan untuk mengelkan dunia robotik lebih luas lagi. “Kepada peserta juga jangan sampai puas belajar hanya sampai di sini, terus kembangkan lagi dan ditularkan,” pungkasnya. [Adi Permana, Robby Darmawan/Suaka]