UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mahasiswa Muamalah harus Berjiwa Wirausaha

[www.uinsgd.ac.id] Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung Dr Ah Fathoni, M.Ag mengharapkan mahasiswa FSH, terutama di Jurusan Muamalah, rajin mengasah diri untuk menjadi kader-kader wirausahawan, sehingga tidak terpaku pada obsesi ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Harapan ini disampaikan Dr Fathoni pada acara Milad Jurusan Muamalah KE-47 di Aula FSH UIN SGD Bandung, akhir pekan lalu. Milad yang diikuti 676 mahasiswa ini bertemakan “Muamalah Sajiwa, Jawara Salawasna”, maksudnya mahasiswa Muamalah bersatu padu (satu jiwa) agar selamanya menjadi juara (berprestasi).

“Para mahasiswa Muamalah harus berjiwa wirausaha sehingga setelah selesai kuliah punya kesempatan berpenghasilan besar, bahkan bisa menciptakan kemakmuran dan kesempatan kerja yang berfungsi sebagai mesin pertumbuhan perekonomian di daerah masing-masing,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Jurusan Muamalah Sarip Muslim, MA meyakinkan semua mahasiswanya agar memiliki peluang yang sama untuk menjadi seorang pelaku usaha. Ini dibutuhkan keberanian dalam mengasah bakat dan minatnya, hingga berani menjalankan usahanya.

“Keberanian untuk memulai dan mencoba sangat penting bagi kalian untuk menjadi pengusaha sukses. Rintislah usaha sejak dini agar setelah selesai kuliah sudah mantap. Yang semula berniat mencari lapangan kerja, akhirnya bisa menciptakan lapangan usaha,” kata Sarip, yang sukses memperjuangkan jurusannya meraih Akreditasi A (BAN-PT).[Nank]