UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mahasiswa Magister Ilmu Hukum UIN Field Study ke Lembaga Negara

[www.uinsgd.ac.id] Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Hukum Pascasarjana UIN SGD Bandung melakukan praktik lapangan (Field Study) ke beberapa lembaga negara yang berkaitan dengan penegakan hukum.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Prodi Ilmu Hukum, Dr. Tatang Astarudin, S.Ag, S.H., M.Si antar lain mengunjungi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Komisi nasinal Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Mahkamah Konstitusi, Komosi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Yidizial dan Ombudsman Indonesia. 

Ketua Prodi Ilmu Hukum, Dr. Tatang Astarudin, S.Ag, S.H., M.Si, mengatakan, rombongan yang terdiri atas 47 mahasiswa itu diterima oleh dua komisioner KKPU, yakni Prof. Dr. Ir. Tresna Priyana Soemardi, S.E., M.Si., Dr. Sukarni, S. H.,M.H. dan Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama, Dendy R. Sutrisno.

“Tujuan kegiatan ini, yakni untuk menyingkronkan antara teori yang diterima mahasiswa di kampus dengsn praktik di lapangan. Dengan demikian akan menambah wawasan bagi para peserta praktik lapangan,” ujarnya, Selasa (12/12). 

Selain itu, lanjutnya, kegiatan juga sebagai upaya menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga negara tersebut dalam upaya pengayaan materi perkuliahan melalui diskusi, kajian dan penelitian bersama.

“Kegiatan ini merupakan program rutin yang kami lakukan setiap tahun dari Prodi Ilmu Hukum untuk pengayaan materi perkuliahan dan pengembangan kurikulum,” ujarnya. 

Dikatakan pula, magister hukum dalam dunia hukum dan dunia usaha sekarang memiliki peranan yang sangat penting, yakni sebagai pengawas. Prospek bagi para magister hukum pun sangat terbuka lebar seiring dengan meningkatnya dunai usaha yang menggunakan teknologi.

“Oleh karena itu, kompetensi para magister hukum harus ditingkatkan. Saalh satu upaya yang kami lakukan agar lulusan magister hukum UIN SGD Bandung memiliki kompetensi yang baik, kami langsung melakukan studi lapangan. Ini sebagai bekal bagi mereka,” pungkasnya.

IKA harus Eksis

Sementara, menyoal eksistensi Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN SGD Bandung yang baru-baru ini telah melantik Reni Marlinawati sebagai ketuanya, 

Kassubah Humas, Drs. H. Rohman Setiaman menjelaskan beberapa waktu mendatang IKa akan menyelenggarakan pelantikan pengurus.

“Saya mendapat informasi, 26 Desember 2017, IKA akan melantik para pengurus baru. Komposisinay seperti apa, saya pun belum mendapat informasi lengkap. Kita lihat saja pada waktunya nanti,” katanya.

Kassubag berharap, di bawah pimpinan anggota Komisi D DPR RI itu, IKA UIN SGD bisa bergerak lebih maju dan memiliki akses ke luar yang sangat luas. Sebab, eksistensi IKA sangat berpengaruh terhadap akreditasi almamater. []