UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mahasiswa FISIP Raih Juara Karate INKADO Tingkat Nasional

[www.uinsgd.ac.id] Apa pendapatmu, ada seorang mahasiswa berprestasi tingkat nasional tapi juga seorang hafiz atau penghapal alquran? Anda mungkin akan terkesima dan takjib.

Sosok tersebut ada pada Dani Rafiq (21), mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Selain berprestasi dalam bidang olahraga bela diri Karate hingga tingkat nasional, dia juga seorang penghafal Alquran. Hari-harinya sibuk kuliah, berlatih karate, tapi dia tak mau mengabaikan hafalan Alquran setiap harinya.

Setiap kali ada waktu luang atau setelah beribadah salat, Dani melakukan murojaah hafalan alquran yang ia miliki secara berkala. “Sebisa mungkin saya bisa membagi waktu antara latihan karate, kuliah, dan menghafal Quran,” ujar Dani kepada Tribun Jabar saat ditemui di Kampus UIN Bandung Jalan A.H Nasution No 105 Cibiru Kota Bandung, Selasa (24/7/2018).

Selain penghafal Al-Quran, berprestasi dalam bidang non akademik, Dani juga berprestasi dalam bidang akademik dengan meraih nilai IPK Cumlaude setiap semesternya.

Di semester pertamanya dia mendapatkan nilai IPK 3.8, dan sampai sekarang semester tujuh pun nilainya bertahan di angka cumlaude.

Menurutnya, akademik lebih utama, karena tujuan paling mendasar dan awal merantau ke Bandung adalah berkuliah sambil menjajaki hobi (karate).

Adapun baginya, menghafal Alquran adalah niat beribadah yang berbeda di antara pencapaian kariernya. Dani merupakan anak yang tumbuh di dunia pesantren, tepatnya Pesantren Al Fatah Lampung Sumatera Selatan.

Di sana, dia menempuh pendidikan sekolah di tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Tak heran, dia juga ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Islam karena ingin sekaligus mendalami ilmu agama. ()

Sumber, Tribun Jabar Rabu, 25 Juli 2018 18:35