UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Mahasiswa Biologi UIN SGD Raih Juara Writing Competition Regional Jabar

[www.uinsgd.ac.id] Yuni Kulsum, mahasiswi jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Gunung Djati Bandung merupakan salah satu penerima beasiswa prestasi Beswan Djarum Fondation 2018.  Djarum Beasiswa Plus berbeda dengan program beasiswa lainnya.

Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, penerima beasiswa juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, International Exposure, Community Empowerment dan Competition Challenges. Salah satu bentuk kompetisi yang paling terkenal adalah Writing Competition yang merupakan ajang pembelajaran bagi Beswan Djarum yang menekankan sisi intelektual. Kompetisi tersebut merupakan sebuah sarana untuk menuangkan gagasan sebagai suatu solusi yang ditawarkan dalam merespon fenomena yang muncul di negeri ini.

Yuni Kulsum telah mengikuti kompetisi Writing Competition bersama dengan 500 Beswan Djarum lainnya secara serentak. Tahap pertama adalah seleksi regional yang diikuti oleh 88 peserta dan dipilih 10 peserta terbaik dengan kategori IPTEKS dan Humaniora untuk melanjutkan ke final regional.

Pada tanggal 24 Juli 2018 dilakukan putaran final pertama yaitu di Jawa Barat.  10 peserta terbaik harus melakukan presentasi dan open diskusi dihadapan 3 dewan juri yang berasal dari kalangan akademisi, media/pers dan pebisnis nasional. Alhamdulillah, Yuni Kulsum dan salah satu mahasiswa ITB menjadi 2 delegasi terbaik dari regional yang akan meneruskan kompetisi ini ditingkat nasional bertemu dengan delegasi terbaik dari masing-masing regional lainnya. Semoga bisa menginspirasi dan  meneruskan kejuaraannya di tingkat selanjutnya (Abu Rafaer).