UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Ma’had Al-Jami’ah Luluskan 129 Santri Putrinya

[www.uinsgd.ac.id] Wakil Rektor IV UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag. dan Direktur Ma’had Al-Jami’ah, Dr.H. Izzuddin Musthafa,. MA melantik 129 Santri Putri angkatan III tahun 2012-2013  dalam prosesi Wisuda dan pemberian ijazah (Haflah Al-Takhrij) yang diselenggarakan di Aula Rektorat, Gedung Al-Jamiah, Minggu (16/6).

Dalam sambutanya mengucapkan “Selamat kepada 129 Santri Mah’ad yang dilantik pada wisuda hari ini dan diberikan kepadanya ijazah sebagai tanda lulus dari Ma’had,” paparnya.

Perlu diketahui keinginan pengelola yang mendapatkan respon baik dari orang tua santri. “Dalam pengelolaannya Ma’had ini tidak cukup satu tahun, tapi berhubung aturan mainnya satu tahun. Jadi harus diikuti. Meskipun sudah lulus, tapi tali silaturahmi harus tetap dijaga. Caranya dengan berkunjung ke Ma’had yang terbuka untuk para santri Ma’had,” jelasnya.

Direktur menambahkan di lingkungan Ma’had ini “Perlu saya sampaikan kepada orang tua santri bahwa kemampuan santri dibidang Bahasa Arab-Inggis, Kitab Kuning terus ditingkatkan. Secara khusus mereka belajar bahasa Arab 2x seminggu dan bahasa Inggris 2x seminggu. Untuk Musrifah dan santri kita belajar Kitab Turats, seperti Kitab Ta’lim Muta’alim.” 

Direktur berharap, “Segala kegiatan yang baik di Ma’had seperti Shalat berjamaah, Tahajud, Puasa Senin-Kamis jangan ditinggalkan, tetapi harus diteruskan di mana pun berada. Untuk itu, kami atas nama pengelola mengucapkan selamat dan bahagia.Mudah-mudahan besok bisa berkumpul lagi,” pesannya.

Dalam prosesi Haflah Al-Takhrij ini “Ada sedikit perubahan dan terobosan baru untuk tahun sekarang ini. Dari lulusan yang berjumlah 129 ini akan diambil 24 orang. Tentu dengan seleksi yang ketat untuk membimbing dan menjadi Musrifah supaya segala kebaikan dan tradisi di Ma’had ini terus berlangsung. Sehingga keberadaan Ma’had itu berguna dan berdaya guna di tengah-tengah masyarakat kampus yang kita cintai ini,” optimisnya.    

Pada acara Haflah Takhrij dibacakan Lima Santri Ma’had yang meraih yudisium Mumtaz, diantaranya; Pertama, Nenden Chiarun Nisa, Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Matematika asal Kota Bandung. Kedua, Ulfah Aunillah Fakultas Adab dan Humaniora Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris asal Kota Tasikmalaya. Ketiga, Novi Saripatunnahar Fakultas Adab dan Humaniora Jurusan Bahasa dan Sastra Arab asal Kota Cianjur. Keempat, Salma Siti Sholihah Fakultas Ushuluddin Jurusan Tasawuf Psikoterapi asal Kota Bandung. Kelima, Desi Rosidah Fakultas Syari’ah dan Hukum Jurusan Ahwalul Assyakhsyiah asal Kota Tasikmalaya, seperti yang dibacakan Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag, Kabid Akademik & Perencanaan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung Nomor: Un.05/MA/SK.6/03/2013 tentang Predikat Santri Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2012-2013.

Direktur mengingtakan kepada santri yang mendapatkan nilai Muntaz untuk tetap tawadhu, rendah hati dan jangan sombong. “Ibarat padi itu semakin berisi, ya semakin merunduk. Untuk itu saya berpesan tetap pertahankan segala kebaikan yang telah dilakukan di Ma’had ini supaya ilmu yang kita dapatkan itu bermanfaat. caranya dengan bersyukur kepada Allah dan hormat kepada orang tua. Salah satunya hormat kepada ustazd atau guru,  dosen,” pungkasnya.  [Ibn Ghifarie]