UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Lulusan Tasawuf Psikoterapi Banyak di Serap Dunia Kerja

Memasuki era revolusi industri (4.0) persaingan hidup makin ketat, lapangan kerja makin kompetitif, institusi pendidkan tinggi dituntut untuk menyiapkan SDM berkualitas dan profesinal.

Untuk menjawab era digital tersebut. Program Studi Tasawuf Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin (FU), UIN SGD Bandung telah melakukan langkah strategis dan antisipatif dengan mengembangkan sayap kerja sama dengan pihak luar yakni Rumah Sakit pemerintah/swasta, BNN dan lembaga pendidikan.

Rumah sakit yang sudah terjalin kerja sama yakni RSAU.Salamun Bandung, RS. Al-Islam, RSUD.Garut, RS.Muhammadiyah Bandung, RSUD.Ujung Berung Bandung dan Puskemas Cicalenkga,Sementara dengan lembaga pendidikan yakni SMK Muhammadiyah Cilengkrang, SMA Medical, SMKN 6 Bandung, SMK Kifayatul Ahyar, SMA Mekar Arum, SMA Alghifari, Komunitas Disabilitas.

“Pihak prodi sudah memberikan pengajaran dan pelatihan maksimal agar semua lulusan Tasawuf Psikoterapi punya kualifikasi profesi unggul dan punya daya saing, sehingga mudah dan dibutuhkan oleh instansi pemerintah dan swasta. Dari data yank kami miliki mereka tersebar di berbagai instansi pemerintah maupun swasta, ada yang menjadi bimbingan rohani di rumah sakit, guru Bimbingan Konseling (BK), TNI AU, HRD di perusahaan, DPRD,bahkan lulusan TP banyak yang menjadi therafis “ungkap Ketua Program Studi Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin UIN SGD BAndung, Drs.H. Hasan Mud’is, M.Ag, didampingi Sekretaris Program Studi, Drs.Muhtar Gojali, M.Ag, saat ditemui di ruang kerjanya, Lt 3, Rabu, (18/09/2019)

Oleh karena itu, lanjut Hasan, dalam pelaksanaan Praktek Profesi Mahasiswa (PPM), para mahasiswa dikirim di lemabaga yang sudah terjalin kerja sama baik lembaga pemerintah maupun swasta.

“Alhamdulilah, ketika 9 mahasiswa melakukan PPM di RSAU.Salamun misalnya, pihak RS.mengapresiasi kemampuannya selama i bulan mereka mempresentasikan keilmuannya.Bahkan, ketika beres PPM, pihak RS.Salamun, merekrut 2 orang mahasiswa untuk bekerja dan di proyeksikan menjadi PNS,” Kata nya.

Sementara untuk kerja sama dengan BNN di ikuti mahasiswa Smt V yang melakukan praktek dan penyuluhan terkait tes urin dan rambut, mereka setelah mengikuti kuliah dan praktek penyuluhan k akan mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Izajah (SKPI) untuk mempertegas profesi keahlian dan mempermudah masuk dunia kerja.

VISI dan MISI Tasawuf Psikoterapi “Unggul dan kompetitif dalam bidang keilmuan, skill konseling dan therafi spiritual pada tahun 2025” (HR)

Sumber, Ekpos 19 September 2019