UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

LP2M Beri Penghargaan kepada DPL & Mahasiswa Terbaik

[www.uinsgd.ac.id] Pasca digelarnya Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat (KKN SISDAMAS) Tahun 2017, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan apresiasi penghargaan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa terbaik dalam acara Lokakarya Evaluasi KKN SISDAMAS tahun 2017 yang diselenggarakan di Ruang Sidang Gedung O. Djauharuddin AR, Kamis (6/4).  

Wakil Rektor I, Prof.Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag., dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan LP2M, “KKN kali ini penuh dengan kreasi dan inisiatif, sehingga ada berbagai variasi termasuk pemilihan-pemilihan yang berprestasi untuk DPL dan mahasiswa, ini perlu diapresiasi oleh kita semua, supaya menimbulkan motivasi dan mengarah pada peningkatan kualitas”, tegasnya.

Kegiatan KKN dari periode-periode mengalami perubahan format, mulai yang bersifat regular, terpadu, tematik dan yang terakhir sisdamas. Namun, secara substantif tujuan KKN harus merujuk dengan visi Universitas, yaitu menciptakan calon sarjana yang unggul dan kompetitif yang berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlakul karimah. “Oleh karena itu, evaluasi harus berorientasi pada peningkatan mutu dari mulai input, proses dan output. Kehadiran KKN harus berorientasi pada pengembangan bidang ilmu prodi-prodi agar nilai berkermanfaatannya dapat dirasakan oleh semua pihak,” paparnya

Bagi Dr. Munir, MA., Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung, KKN adalah merupakan esensi kehidupan. “Pengabdian merupakan inti dari kehidupan, “Hayatuna kulluha ‘pengabdian’, ini jelas, perintahnya dalam al-Qur’an juga jelas, bukan ilmu yang menjadi tujuan tapi amal perbuatan yang menjadi ini tujuan hidup kita”, ungkapnya.

Konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan sebuah konsep yang sangat ideal, yang tidak bisa ditemukan diluar negeri, selain menitikberatkan pada ilmu dan pengajaran, yang menjadi hal penting juga adalah pengabdian, yang jika ketiga hal tersebut dijalankan dapat menciptakan manusia yang ideal. “Untuk itu, pengabdian sebagai sebuah inti dari tujuan hidup harus dapat dimaknai dengan berbagai metode yang tepat sebagaimana para fuqaha membuat qaidah “lilwasaili hukmu maqashid”, media sama hukumnya dengan tujuan yaitu wajib, maka untuk melaksanakan pengabdian yang baik harus ada riset, artinya pengabdian berbasis ilmu,” tegasnya.

Dengan begitu, diskusi mengenai metodologi pengabdian masyarakat menjadi salah satu mata kuliah khusus menarik untuk dibahas lebih lanjut. Mengingat pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu bukti bahwa dosen dan mahasiswa mempunyai suatu kekhususan, memiliki kelebihan dan keistimewaan yang dapat ditransformasikan kepada masyarakat. “Seorang ilmuwan baru bisa dipandang sebagai seorang cendikiawan dikala ilmu dan amalnya dapat dirasakan kemanfaatannya bagi masyarakat luas,” pesannya.

Dari pandangan itu, maka menurutnya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang mempunyai tugas Tridharma Perguruan Tinggi sudah memiliki konsep ideal dalam menjalankan salahsatu tugasnya dalam pengabdian kepada masyarakat yang berbasis riset yang memiliki metodologi ilmiah.” Oleh karena itu, KKN Sisdamas sebagai salah satu media pengabdian kepada masyarakat bisa bernilai dan lebih baik dimasa yang akan datang, maka evaluasi harus dilakukan dari mulai aspek persiapan, pelaksanaan dan sebagainya.”

Menurut Dr.Ramdhani Wahyu S., M.Ag., M.Si., Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penghargaan yang diberikan bedasarkan beberapa kategori diantaranya adalah kriteria DPL Terbaik Bidang Pemberdayaan, DPL Terbaik Bidang Pelaporan dan Bimbingan Pelaporan Mahasiswa, DPL Terbaik Bidang Bimbingan Produk, DPL Terbaik Bidang Bimbingan Blog Mahasiswa, selain itu LP2M juga memberikan penghargaan kepada Kelompok Mahasiswa dengan Blog KKN Sisdamas Terbaik. 

Berdasarkan Surat Keputusan Panitia KKN Sisdamas Tahun 2017 tentang DPL Terbaik dan Pemenang Blog KKN Sisdamas Tahun 2017, kriteria DPL Terbaik Bidang Pemberdayaandiraih oleh Drs. Ading Pramadi, M.Pd., DPL Terbaik Bidang Pelaporan dan Bimbingan Pelaporan Mahasiswa diraih oleh Rohanda, M.Ag., DPL Terbaik Bidang Bimbingan Produk Makanan Olahan diraih oleh Lia Kamilia, S.Si., M.Si., DPL Terbaik Bidang Bimbingan Blog Mahasiswa diraih oleh beberapa orang DPL diantaranya adalah Mubarok, M.Si., DPL Desa Cibunal Kec. Cibatu Kab. Garut; Dr. Hasniah Aliah, M.Si., DPL Desa Lebak Anyar Kec. Pasawahan Kab. Purwakarta; M. Khalid, SH., MH., DPL Desa Mekarwangi Kec. Mekarwangi  Kab. Cianjur; dan Rohanda, M.Ag., DPL Desa Banjar Kec. Banjar Kota Banjar.      

Selain memberi penghargaan kepada DPL dan Mahasiswa kegiatan Lokakarya tersebut bertujuan untuk, “Pertama, mengidentifikasi berbagai masalah-masalah yang terjadi selama proses KKN Sisdamas dilaksanakan dari mulai proses persiapan, pelaksanaan dan capaian; Kedua, merumuskan berbagai masukan-masukan agar bisa memperbaiki pelaksanaan KKN selanjutnya agar lebih baik; Ketiga, mengakomodir usul dan saran dari para pihak yang mengikuti kegiatan evaluasi tersebut”, tutur Ketua PPM.

Upaya mengakomodir segala usul dan saran dari DPL, mahasiswa untuk menjadi bahan perbaikan sistem KKN SISDAMAS kedepan, pihak LP2M menghadirkan stakeholders dari unsur Pemerintahan Daerah yang terdiri dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjar  dan Kaur Kesra Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Cianjur. [Humas Al-Jamiah]