UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Lestarikan Burung, Saintek Teken MoU dengan BICONS

[www.uinsgd.ac.id] Burung salah satu tanda-tanda kebesaran Allah Swt. Dan keanaeka ragaman hayati  Kelangsungan hidupnya harus benar-benar dijaga dan dilestarikan, agar tidak punah. Sebab kalau burung burung tidak dilindungi dan dilestarikan keseimbangan alam pun akan terganggu.

Untuk itu, Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung melakukan launching Komunitas Burung UIN SGD Bandung dan teken MoU dengan Bird Conservation Society (BICONS) dengan tujuan menjaga bersama dalam melindungi dan melestarikan burung-burung dari kepunahan.

Apa jadinya, jika di alam semesta ini burung-burung tidak ada? Jawabanya, pasti akan mengganggu keberlangsungan alam ini,” ungkap Dekan FST. Dr.H.Opik Taupikurahman, M.Ag. disela-sela Kuliah Umum Prodi Biologi di Aula Utama FST, Selasa (23/2).

Ditambahkan Opik, Untuk menjaga dan memelihara hewan ini,maka sudah saatnya kita mengkaji, meneliti dan dapat belajar banyak dari kisah-kisah burung yang ada di Al-Quran supaya lingkungan dan alam raya ini terjaga.      

Menurut  Sekretaris Jurusan Biologi, Dr. Ana Widiana, M.Si pelestarian burung di alam semesta untuk menjaga ekosistem ini menjadi penting. “Mengingat keanekaragaman hayati, khususnya burung sangat menghawatirkan. Padahal keberadaan burung jadi parometer lingkungan,” keluhnya.

Untuk itu, kajian burung menjadi penting dalam menjaga alam. “Saya berharap melalui kuliah umum tentang burung dengan menghadirkan narasumber Bu Lulu dan Pa Ade ini dapat membawa angin segar dan wawasan tentang burung untuk peduli terhadap lingkungan, alam sekitar,” Tandas Ana. (Haryadi)