UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Lagi, SMA Negeri Malaysia Tertarik Belajar di UIN

[www.uinsgd.ac.id] Setelah setahun lalu kedatangan SMA Swasta dari Sabah Malaysia, kini UIN kedatangan kembali SMA dari Malaysia, kali ini sebuah SMA Negeri di Selangor tertarik untuk belajar di UIN Bandung. Hal tersebut diketahui dari kedatangan rombongan SMKA Simpang Lima Sungai Besar Selanor Malaysia ke UIN Bandung yang diterima Pembantu Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan, Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag di Ruang Sidang Al-Jami’ah pada Sabtu (14/07/2012).

 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Gustiana, Ph.D, Heri, Prof. Dr. Supiana, Dr. Ali Nurdin, Dr. A. Fatoni, Dr. Setia Gumilar, Dr. Encup Supriatna, Drs. Ano Sutrisno, Cecep Alamsyah.

 

Prof. Moh. Najib menyambut baik kedatangan rombongan yang berniat melanjutkan studi di UIN Bandung tersebut. Dalam silaturahmi dan dalam rangka mengenalkan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Moh. Najib memperkenalkan satu-persatu pasukan UIN yang saat itu turut mendampingi beliau.

 

Menurut Najib kunjungan ke UIN SGD Bandung ini dalam rangka silaturahim, kerjasama dengan melakukan MoU antar UIN SGD Bandung dengan SMKA Simpang Lima Slangor berupa pertukaran pelajar, guru, kesenian. 

 

Salah satu alasan yang dikemukakan oleh pihak SMKA, kenapa siswa didiknya menginginkan untuk melanjutkan studi di UIN, ia mengatakan,” di Bandung tidak terjadi tabrakan program, saya menginginkan agar sekolah kami bisa memiliki mutu,” ujarnya.

 

Sementara itu, menurut siswa SMKA sendiri saat diberi kesempatan menyampaikan kesannya, ia berpendapat,”Saya melihat di internet, fasilitas di UIN lebih baik dari yang kami miliki, sehingga ini menjadi modal agar bisa belajar lebih baik. Dan yang ditawarkan di UIN sesuai dengan yang dipelajari oleh sekolah kami, seperti bahasa Arab, pidato dll.

 

Adapun objek kerjasama yang diminati oleh pihak SMKA Malaysia adalah menerima dan mempermudah masukan pelajar dari SMKA untuk menuntut ilmu di UIN, melaksanakan suatu jalinan dan jaringan berbentuk informasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara holistic, pertukaran kebudayaan dan pertukaran tenaga pengajar, dan terakhir meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa SMKA Malaysia.

 

Menurut pusat kerjasama, Encup Supriatna, mengatakan,”kunjungan ini belum mengarah pada penandatanganan MoU, karena Pak Rektornya juga kebetulan sedang ada,”ujarnya.

 

Dalam nota yang disiapkan oleh pihak kerjasama UIN, rencana kerja sama dengan pihak Negara jiran tersebut akan berlaku dalam 5 tahun ke depan.

 

Kunjungan diakhiri dengan melakukan penandatangan Mou anatar UIN SGD Bandung yang dilakuakn oleh Purek IV dengan SMKA Simpang Lima Slangor oleh Pengetua SMKA. ***[dudi,ibn ghifarie]