UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Laboratorium FU Gelar Pelatihan Mendeley & Microsoft Office untuk Karya Ilmiah

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 6 dosen di lingkungan Fakultas Ushuluddin (FU) UIN SGD Bandung mengikuti pelatihan Mendeley dan Microsoft Office untuk penulisan karya ilmiah di Aula FU, Rabu (1/3).

Menurut Husnul Qodim, Ketua Laboratorium FU, pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian dari beberapa pelatihan yang merupakan program kerja dari Laboratorium. “Pelatihan sudah kita buat kurikulum, total sebanyak 4 minggu kita mengadakan jadwal rutin. Pelatihan dilakukan setiap hari rabu, mulai dari pengenalan berbagai tools untuk menulis seperti mendeley sampai pada cara penulisan artikel jurnal,” ungkapnya.

Untuk minggu pertama kegiatannya berupa “pelatihan memanfaatkan aplikasi beberapa aplikasi seperti microsoft word untuk memudahkan pekerjaan menulis dalam hal penginputan daftar isi, daftar table, sampai pengutipan referensi secara otomasi dan lebih akurat yang dipandu oleh saya (Husnul Qodim) dan Busro,” terangnya.

“Rencanaya dalam pertemuan minggu ke dua dosen dilatih untuk menggunakan mendeley, suatu aplikasi yang mengintegrasikan citation dan reference manager ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian,” pungkasnya. [Busro]