UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kunjungan Mahasiswa Manajemen ke BEI Jakarta

[www.uinsgd.ac.id] Dalam rangka peningkatan mutu dalam sistem belajar-mengajar di Program Studi S-1 Manajemen UIN SGD Bandung , mahasiswa Jurusan Manajemen dan di dampingi oleh ketua jurusan manajemen Bapak Herry Sutanto, SE.,MM. melakukan kunjungan ke PT. Bursa Efek Indonesia Tbk. (BEI) Jakarta  yang berlokasi di Jl. Sudirman kawasan CBD Jakarta pada hari Kamis Tanggal 15 Oktober 2015. Kunjungan ini diterima langsung oleh Humas BEI, Bapak Kemas Rumaiyar.

Penjelasan tentang seluk-beluk bursa dan mekanisme transaksi perdagangan saham dan obligasi yang disampaikan oleh pihak BEI diramaikan oleh pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para mahasiswa yang sangat antusias untuk memahami tentang berbagai hal berkenaan dengan perdagangan saham, obligasi, serta strategi untuk mendapatkan keuntungan dengan berpartisipasi pada perdagangan di Bursa Efek. Pertanyaan yang diajukan pun sangat beragam: mulai dari alasan mengapa beberapa perusahaan memilih untuk tidak melakukan stock-split, transaksi mega akuisisi yang kerap terjadi di bursa, saham goreng-gorengan, kasus-kasus insider trading, sampai nilai deposit minimal yang dibutuhkan untuk memulai investasi di BEI. Dari berbagai pertanyaan yang diajukan, kelihatannya sebagian besar mahasiswa yang hadir sudah berencana untuk menjadi investor aktif di Pasar Modal kelak di masa depan.

Kegiatan kunjungan ke BEI ini murni dibiayai secara mandiri oleh semester 3 program studi S-1 Manajemen  UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan melakukan iuran dan Alhamdulillah mendapat respon yang positif, rekan-rekan mahasiswa yang mendaftar dari berbagai semester tidak semuanya dapat mengikuti acara ini mengingat terbatasnya kuota yang diberikan oleh pihak BEI,” jelas Nasrul  Khoeri, panitia pelaksana kunjungan ini. []