UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Korps Protokol Pramuka (KKP) Lantik 29 Anggota Baru

[www.uinsgd.ac.id] Setelah melewati proses panjang Seleksi Calon Siswa Akademi Protokol (SICAP) Tahun 2016 dan proses pendidikan selama empat bulan, sebanyak 29 anggota baru Korps Protokol Pramuka (KPP) UIN Sunan Gunung Djati Bandung resmi dilantik oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., pada Sabtu (12/3/16) di Taman Kujang Auditorium Multi Purpose.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., Kabag. Kemahasiswaan, H. Asep S. Malik, M.Ag., Kasubag Humas, Saepudin, M.Ag., para Pembina Gerakan Pramuka, para Orang tua siswa, dan para anggota Gerakan Pramuka dari berbagai Perguruan Tinggi lainnya. 

Menurut H. Moch. Amar Khana, M.M.Pd., Pamong Unit Protokol UIN Sunan Gunung Djati Bandung, bahwa ke-29 anggota baru tersebut adalah siswa-siswi yang lulus mengikuti seleksi dan pendidikan menyisihkan 98 siswa lain yang mengikuti rekrutmen Korps Protokol Pramuka. Siswa-siswi tersebut selama pendidikan menerima berbagai macam materi Keprotokolan yang dibagi dalam 3 program, yaitu Pendidikan Dasar atau Basic, Pendidikan Profesi, dan Pendidikan Ekselensi. 

Dr. Hj. Yeti Heryati, M.Pd., Pembina Gerakan Pramuka Gudep KB. 23001-23002 UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam sambutannya mengatakan bahwa siswa-siswi yang dilantik tersebut adalah siswa-siswi yang terpilih dan terbaik untuk bergabung bersama Korps Protokol Pramuka. Dr. Yeti berharap agar pelantikan ini menjadi momen titik awal yang lebih baik bagi para anggota baru untuk melakukan perubahan, perbaikan dalam aspek prestasi akademik dan perubahan sikap, karena mereka sudah dibekali pendidikan selama 4 bulan.

Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., dalam sambutannya mengatakan bahwa Unit Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini adalah Unit Kegiatan Khusus karena mempunyai tugas dan peran yang sangat besar dalam event-event kegiatan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Wakil Rektor III menyatakan bahwa jika 30% mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini dapat mengikuti kegiatan Kepramukaan khususnya kegiatan Korps Protokol Pramuka maka dapat dipastikan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan menjadi garda terdepan dalam prestasi mahasiswa dilingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), karena mereka mempunyai sikap mental yang baik dalam berprilaku dan berdisiplin.

Wakil Rektor III sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Unit Kepramukaan khususnya Korps Protokol Pramuka, dan berharap agar lebih banyak lagi mahasiswa yang aktif berorganisasi khususnya di organisasi kepramukaan. Dalam waktu dekat ini Gerakan Pramuka akan mengadakan event Nasional yaitu Perkemahan Wira Karya Nasional yang akan digelar pada bulan Mei 2016 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan 25 orang peserta yang akan menjadi perwakilan pada event tersebut. Prof. Muhtar, berharap agar ke 25 peserta tersebut dapat mengharumkan nama baik UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam event tersebut. 

Diakhir sambutannya, Wakil Rektor III, merasa bangga dan berbahagia  sekaligus mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya para anggota baru Korps Protokol Pramuka dan berkomitmen akan selalu mensupport setiap kegiatan yang akan diselenggarakan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa khususnya Unit Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. [Humas Al-Jamiah]