UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kontingen UIN SGD Bandung Tiba di Kota Malang

Kontingen UIN SGD Bandung berjumlah 153 orang terdiri dari atlet, pelatih, official telah tiba di Kota Malang pukul 10.00 WIB dengan menggunakan 5 bus Pahala Kencana (Bandung-Surabaya-Malang) untuk mengikuti Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) IX Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) se-Indonesia, Ahad (14/07/2019)

Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wawan Gunawan, S.Ag., M.M.,, menjelaskan “Berkat doa dan dukungan dari semua pihak. Alhamdulillah kontingen UINSGD Bandung tiba di Kota Malang dengan selamat pada pukul 10.00 WIB,” tegasnya.

Untuk pemberangkatan dari kampus UIN SGD Bandung dilakukan sejak pukul 20.00 dengan mengunakan lima bus melalui jalur Sumedang, “Kita istirahat makan di RM Kabita, pukul 23.00 dan melaksanakan sholat Subuh berjamaah di Rest Area KM. 429 Tol Ungaran. Setelah sholat langsung berangkat menuju Malang,” jelasnya.

Selama mengikuti Pionir IX yang digelar dari 15-21 Juli di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini, kontingen UIN SGD Bandung menginap di Ubud Hotel & Villas, dengan mengikuti rangkaian kegiatan yang diperlombakan dan dipertandingkan yakni bidang ilmiah, olahraga, seni, dan riset.

Untuk bidang ilmiah meliputi debat bahasa Arab, debat bahasa Inggris, musabaqah makalah Qur’ani (MMQ) dan musabaqah qiraatul kutub (MQK).

Cabang olahraga meliputi futsal, volley ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, takraw, pencak silat, basket, dan karate.

Bidang seni meliputi musabaqah tilawatil Quran (MTQ), musabaqah hifdzil Quran (MHQ), musabaqah syarhil Quran (MSQ), kaligrafi, pop solo islami, desain dan peragaan busana muslim, puitisasi Alquran, dan marawis. Bidang riset meliputi karya tulis dan karya inovatif mahasiswa. 

Jay A. Soebajo, creative director Pionir IX menuturkan kesemua atlet itu akan bertanding di lima event yang berbeda, yakni UIN Malang, MAN 1 dan 2, Futsal Champion Tidar, dan Lippo Batu Plaza.

Sesuai dengan jadwal pada tanggal 15 Juli 2019, Kontingen UIN SGD Bandung bersama 58 kontingen di lingkungan PTKIN akan mengikuti pembukaan Pionir. “Menteri Agama RI, Gubernur Jatim dijadwalkan akan datang untuk memeriahkan pembukaan Pionir IX dengan menghadirkan pawai obor Asmaul Husna,” paparnya.

Rencananya, obor Asmaul Husna itu akan diarak dari depan gedung rektorat UIN Malang menuju ke panggung event pembukaan PIONIR IX di lapangan utama UIN Malang.

Selama pengarakannya sendiri nantinya di pinggir jalanan UIN akan berbaris lurus seluruh atlit yang berjumlah 3.405 untuk memeriahkan perjalanan obor tersebut.